Segera Ditata, Kampung Pertahanan di Rohul Simpan 500 Peninggalan Tuanku Tambusai

Benteng-tujuh-lapis.jpg
(Antara/HO-Humas Pemrov Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Benteng Tujuh Lapis di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya menyimpan 500 peninggalan pusaka Tuanku Tambusai. 

Sejak ditetapkan sebagai cagar budaya, Benteng Tujuh Lapis itu pun kini dinamakan sebagai Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai.

Gubernur Riau, Syamsuar, saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi bersejarah di Negeri Seribu Suluk itu mengatakan akan segera melakukan penataan untuk Cagar Budaya Nasional Benteng Tujuh Lapis seluas lebih kurang 6 ha tersebut agar menjadi destinasi wisata yang menarik.

"Dengan ditetapkannya menjadi cagar budaya Benteng Tujuh Lapis kini bernama Kampung Pertahanan Tuanku Tambusai dan segera ditata. Saya sudah bilang saat kunjungan Jumat lalu," kata Syamsuar, Sabtu, 1 Juni 2023.



Dalam kesempatan itu, Syamsuar juga bertemu dengan Lembaga Kerapatan Adat (LHK) Luhak Tambusai di kediaman Bupati Rohul, Sukiman.

Datuk Seri Setia Amanah itu mengatakan, masyarakat berharap museum segera dibangun untuk peninggalan pusaka bersejarah tersebut. 

Selain itu, kata Syamsuar, masyarakat berharap agar Hari Pahlawan Nasional pada 10 November bisa diperingati di Benteng Tujuh Lapis tersebut sekaligus mengingat jasa-jasa pahlawan nasional dari Tanah Melayu, Tuanku Tambusai.

"Itu harapan masyarakat yang disampaikan oleh Ketua LKA, Pak Tengku di sana ingin bisa memperingati Hari Pahlawan di lokasi tersebut dan mengingatkan tentang berjasanya Tuanku Tambusai," ujarnya.