Senang Pemilu Terbuka, Karmila Sari Tunggu Nomor Urut Maju DPR RI

Karmila-Sari12.jpg
(Riau online/Bagus Pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau, Karmila Sari, bersyukur Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Pemilu 2024 dengan sistem proporsional terbuka. 

Pasalnya, setelah menjabat sebagai anggota DPRD Riau, Karmila akan maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Riau I.

“Mudah-mudahan saya maju DPR RI. Perihal nomor urut mari sama-sama nanti kita lihat di DCT. Karena pastikan ada yang namanya tercela atau tidak tercela. Ada hitungan dedikasi, prestasi, loyalitas, dan tercela/tak tercela,” ujarnya, Senin, 19 Juni 2023.

Karmila mengaku, sebagai Caleg mengapresiasi keputusan MK yang memutuskan pemilu proporsional terbuka. Hal ini, kata dia, tetap mengedepankan sistem demokrasi.

“Artinya semua memiliki kesempatan dan peluang untuk bisa menjadi wakil rakyat. Secara tak langsung juga ini memudahkan masyarakat untuk memilih karena mengenal siapa yang mereka pilih,” kata dia.


“Ini tentu dilihat dari personal branding, turun ke bawah, terus efek terhadap pertumbuhan ekonomi juga baik untuk percetakan misalnya,” tambah Karmila.

Menurut Karmila, jika sistem pemilu proporsional tertutup diterapkan, maka banyak Bacaleg yang mengundurkan diri. 

“Bahkan di Sulawesi sampai mau bunuh-bunuhan perkara nomor urut karena kita tak tahu ke depan dipilih partai atau tidak. Hal-hal ini juga dipertimbangkan,” jelasnya.

Sebab itu, kata Karmila, keputusan MK tersebut banyak menyenangkan individu dari berbagai pihak.

“Makanya tak terjadi keributan. Kita mengapresiasi dan silakan masing-masing Caleg dan partai berdasarkan kemampuan dan strategi masing-masing untuk memenangkan hati rakyat,” pungkas Karmila.