Inspektur Inspektorat Ingatkan Guru dan Kepsek Jangan Terlibat Pungli

Iwan-Simatupang1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sarana pendidikan menjadi satu sasaran saber pungli, terlebih dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Inspektur Inspektorat Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang mengingatkan para kepala sekolah maupun guru jangan sampai terlibat pungli.

 

Tim Saber Pungli Pekanbaru pun mengingatkan tidak ada pungutan dalam PPDB di seluruh sekolah negeri. "Kita mengingatkan supaya jangan terjadi kegitan yang bisa membuat rekan-rekan ini menjadi sasaran tim saber pungli," tegasnya, Jumat 16 Juni 2023.

 

Tim saber pungli mengingatkan agar pihak sekolah bisa menjalani tugas pokok dan fungsi sesuai ketentuan yang ada. Seluruh kepala sekolah mesti mengikuti aturan dari Kemendikbud Ristek dan Dinas Pendidikan.

 

Iwan menambahkan bahwa satu tugas tim saber pungli yakni melakukan pembinaan dan pengawasan. Mereka yang menjadi sasaran sosialisasi adalah guru TK, SD dan SMP negeri di bawah kewenangan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.


 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menegaskan, kehadiran Tim Saber Pungli Pekanbaru untuk mencegah terjadinya pungli di sekolah. Apalagi pada 26 Juni 2023 mendatang bakal berlangsung PPDB tingkat SD dan SMP negeri.

 

 

 

Jamal mengatakan, setiap hari menerima laporan kurang sedap terkait pungutan di sekolah. Ia mengingatkan para guru dan kepala sekolah menjaga integritas dengan tidak menerima suap dalam bentuk apa pun.

 

Dirinya menyadari banyak keraguan para guru dan kepala sekolah atas sumbangan di sekolah. Mereka harus membedakan sumbangan dan pungutan.