UMRI Dukung Workshop Jurnalistik Riau Online Goes to Campus: Materi Sangat Relevan

ROL-ke-UMRI.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki usia ke-8 tahun, Riau Online menyelenggarakan rangkaian agenda. Satu di antaranya yakni Workshop Jurnalistik Goes to Campus.

Ada empat perguruan tinggi di Riau menjadi tujuan penyelenggaraan Workshop Jurnalistik. Keempatnya yakni, Universitas Riau (Unri), Universitas Islam Riau (UIR), UIN Suska Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI, Jayus menyambut baik rangkaian pelaksanaan kegiatan dalam rangka ulang tahun ke-8 Riau Online.

"Kita siap jadi tuan rumah dan menyukseskan. Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-8 Riau Online, semoga menjadi salah satu saluran informasi untuk mencerdaskan masyarakat dan pembaca," ujarnya.

Terkait materi workshop, Jayus menilai bahwa materi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Apalagi ada pelatihan Video Jurnalistik bagi Pemula, Dasar-dasar Jurnalistik, Kampanye Anti Hoax, hingga Security Media.

"Ini relevan, apalagi generasi sekarang lebih suka melihat audio visual, bukan hanya tulisan, jadi pendekatan-pendekatan materi untuk membuat konten seperti ini saya kira menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa," paparnya.


Selain itu, lanjutnya, materi Anti Hoax penting apalagi jelang pemilu. Menurutnya, mahasiswa perlu diberi wawasan bahwa menggunakan media sosial harus bijak, ada konsekuensi hukum apabila melanggar.

"Ada bahaya yang mengintai di dunia maya, cyber crime, penipuan scamming. Saya kira ini akan menjadi pembahasan penting dalam materi workshop nanti. Saya mendukung untuk pelaksanaan kegiatan. Saya maunya ini acara meriah dan sukses. InsyaAllah kita siap," katanya penuh semangat.

Kaprodi Ilmu Komunikasi UMRI, Fitria Mayasari menambahkan bahwa salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa adalah di bidang Jurnalistik.

"Berharap nantinya dengan mengikuti workshop ini mahasiswa kami mampu mengasah soft skill dan hard skill menjadi bekal nanti ketika lulus. Tentu ini penting menambah bekal pengetahuan dan keterampilan," ulasnya.

Rangkaian kegiatan Goes to Campus menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang media. Ada pemateri dari Riau Online, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan juga Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru.

Sejumlah materi disampaikan yakni Dasar-dasar Jurnalistik dan Pelatihan Video Jurnalistik bagi Pemula. Ada juga materi seputar Kampanye Anti Hoax dan Security Media Digital.

Rangkaian Workshop Jurnalistik Goes to Campus sudah bergulir sejak 5 Juni 2023. Unri menjadi kampus pertama. Sementara Goes to Campus UMRI akan berlangsung Senin, 12 Juni 2023 besok.