Menhub Kumpulkan Kepala UPT di Pekanbaru Soal Angkutan Massal

Menhub-di-pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumpulkan seluruh kepala UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan, Minggu 11 Juni 2023 di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS), Pekanbaru.

Seluruh kepala UPT Kementerian Perhubungan RI di Wilayah Sumatera Barat- Riau menyimak arahan dari Budi perihal optimalisasi angkutan massal bagi masyarakat. Budi mengajak seluruh insan perhubungan untuk bersinergi dalam upaya peningkatan kualitas angkutan massal yang ada.

"Tentunya dengan kolaborasi seluruh insan perhubungan. Kalau kita bersama tidak ada yang susah," ujarnya di hadapan para Kepala UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan RI.

Menurutnya, upaya optimalisasi angkutan massal ini adalah perintah Presiden RI, Joko Widodo. Ia menilai angkutan massal nantinya harus bisa digunakan masyarakat untuk mengurai kemacetan.

"Hari ini saya mengajak semua instansi, masyarakat. Mari menggunakan angkutan massal," jelasnya.

Dirinya menyebut bahwa angkutan massal punya arti yang penting di tengah masyarakat. Pembangunan angkutan massal adalah bentuk konsistensi pemerintah dalam menyediakan transportasi bagi masyarakat. 


"Apabila semua itu berjalan dengan baik, tidak macet dan tidak ada lagi polusi. Jadi yang nama nya angkutan massal perkotaan relevan selalu," jelasnya.

Dirinya mengapresiasi akses jalan di Pekanbaru. Menhub berharap, Kota Pekanbaru menjadi role model kota di seluruh Indonesia untuk angkutan massal.

"Saya lihat kotanya hijau, jalannya besar-besar dan angkutan massalnya keren. Saya harapkan Pekanbaru menjadi role model pengembangan kota di seluruh Indonesia, khususnya angkutan massal," ujar Budi,

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution yang hadir dalam apel pun menyampaikan terima kasih atas kunjungan singkat ke Pekanbaru. Ia berharap ada gambaran sesungguhnya tentang Pekanbaru.

"Dengan begitu, tentu ada kebijakan yang dapat mendorong transportasi umum di Pekanbaru. Kami pun mengajak masyarakat, untuk ikut memanfaatkan angkutan massal," ujarnya. 

Indra berharap nantinya ada dukungan pemerintah pusat dalam membenahi transportasi massal di Pekanbaru. Pembenahan angkutan massal tentu didukung dengan pembenahan terminal dan pedestrian.