BNPB Beri Bantuan 6 Helikopter untuk Padamkan Karhutla Riau

Gubri-bersama-kepala-bnpb.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi bantuan 6 helikopter untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto sebelumnya berkunjung ke Riau untuk memberikan alat pemadam ke Pemerintah Provinsi Riau yang dilangsungkan di Balai Serindit, Rabu, 7 Juni 2023, kemarin.

"Dari enam heli itu 3 heli water bombing dan tiga lainnya heli patroli untuk keperluan penanganan karhutla," terangnya.

Selain itu, Riau juga mendapat bantuan berupa 11 unit pompa induk, pompa selang 22 unit, pompa jinjing 44 unit, selang berjumlah 231 unit. Kemudian, Nozzle 88 unit, Y konektor dengan total 88 unit, perlengkapan alat perlindungan diri terdapat 220 paket, dan flexible tank 5.000 liter ada 11 unit.

"Daerah yang rawan karhutla juga diberikan hal yang sama," imbuhnya.


Suharyanto menjelaskan provinsi dapat mengajukan anggaran untuk keperluan operasioanl dan kegiatan pemadaman karhutla.

"Itu bisa ditanya ke pak gubernur bagaimana teknisnya dan kebutuhannya berapa," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR-RI, Achmad, menyampaikan karhutla merupakan suatu masalah yang bisa terjadi kapan saja apalagi lahan-lahan di Riau memiliki banyak tanah gambut. Dalam tiga tahun terakhir, Gubernur Riau, Syamsuar mampu mengatasi karhutla.

"Dengan begitu, minimnya kasus kebakaran selama tiga tahun ini menjadi suatu prestasi kinerja yang dimiliki oleh Gubri Syamsuar. Kami support pak gubernur atas kinerjanya," ucapnya.