Ancaman Muflihun untuk Kepala Sekolah yang Berani Pungli saat PPDB

Muflihun85.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Seluruh kepala sekolah diingatkan jangan melakukan pungutan liar atau pungli dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

 

Hal ini ditegaskan Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun. Ia tak segan memecat kepala sekolah (kepsek) dan pihak-pihak terkait yang ketahuan melakukan pungli.

 

"Kita tak ingin lagi ada pungli di tiap-tiap sekolah. Jika ada kepala sekolah yang pungli, akan langsung saya ganti, saya rolling, saya mutasikan," tegas Muflihun, Selasa 30 Mei 2023.

 

Ia mengatakan, pendidikan adalah pelayanan dasar yang harus dipenuhi. "Jadi kami harapkan nanti bantu Pemko Pekanbaru. Kalau ada Pungli di sekolah, laporkan. Kita akan beri sanksi tegas kepada kepala sekolahnya," tegasnya.

 

Jadwal PPDB untuk SD negeri dan SMP negeri di Kota Pekanbaru bakal berlangsung mulai 26 Juni 2023 mendatang. Calon peserta didik bisa mulai mempersiapkan diri jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023. 

 

"Secara online hanya PPDB SMP negeri, sedangkan yang SD negeri tidak," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Selasa 30 Mei 2023.

 


 

 

 

 

Ia menyampaikan, sesuai dari surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sistem PPDB masih secara zonasi. Ada tiga jalur dalam PPDB kali ini yaitu jalur zonasi bagi masyarakat setempat, jalur affirmasi bagi masyarakat miskin, jalur pindah luar kota dan jalur prestasi.

 

Selain itu ada juga jalur Hafidz Quran bagi peserta didik yang hendak masuk SMP Negeri. Calon peserta didik yang hafal dua hingga lima juz disarankan oleh Dinas Pendidikan agar bisa diterima di SMP negeri pilihannya.