Lapas Kelas II B Teluk Kuantan Kuansing Terima Bantuan 500 Alat Tes Urine

Lapas-Kelas-II-B-Teluk-Kuantan8.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN- Dalam rangka mewujudkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bersih dari narkoba (Bersinar). Lapas Kelas II B Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing mendapatkan bantuan 500 pcs alat untuk tes urine.

Bantuan tersebut diberikan Direktorat jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan melalui Devisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau.

"Alat ini digunakan sebagai salah satu cara untuk deteksi dini penyalahgunaan dan peredaran narkoba khususnya di dalam Lapas Teluk Kuantan," ujar Kepala Lapas Kelas II B Teluk Kuantan, Bejo melalui keterangannya, Selasa, 23 Mei 2023.


Bejo dalam keterangannya mengatakan untuk mewujudkan Lapas"Bersinar" tentu perlu adanya beberapa tindakan nyata seperti melakukan deteksi dini melaksanakan test urine  terhadap warga binaan dan petugas Lapas.

"Alhamdulillah kita didukung dengan adanya tambahan alat test urine sebanyak 500 pcs dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau," kata Bejo.




Dikatakannya, setiap satu minggu sekali warga binaan dilakukan test urine secara acak. Sejak dilaksanakan test urine terhadap warga binaan belum pernah ditemukan ada yang positif narkoba.

"Tambahan alat test urine ini sangat membantu kita terutama dalam upaya deteksi dini dan pencegahan. Kita komit mewujudkan Lapas Teluk Kuantan menjadi Lapas Bersinar," katanya.