3 Napi Lapas Kelas IIA Pekanbaru Kendalikan Narkoba dari Balik Jeruji

ekspos-kasus-narkoba-di-lapas.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tiga orang narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru diduga mengendalikan peredaran narkoba dari balik jeruji besi, Rabu, 3 Mei 2023.

Keterlibatan ketiga napi, Rudi Hartono alias Solin, Robi Cahyadi dan Norman, dalam peredaran narkoba terendus petugas kepolisian. 

"Tim mendapat informasi dari masyarakat akan ada pengiriman narkoba dari Riau ke Sumatera Selatan. Selanjutnya tim melakukan pengintaian di lokasi rawan yang dilalui kurir narkoba," ujar Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi, Selasa, 23 Mei 2023.

Setelah menunggu beberapa saat, kurir yang membawa narkoba 1 kilogram lewat menggunakan sepeda motor Honda Revo Fit BM 2279 YX. Dalam jok motor tersebut disimpan narkotika jenis sabu sebanyak satu kilogram. 

"Dari hasil penangkapan Ramzi, tim meminta keterangan dan dirinya mengaku diperintahkan Norman (napi Lapas Kelas IIA Pekanbaru) untuk mengirimkan barang haram tersebut," lanjut Rahmadi. 


Norman mengaku diperintahkan oleh Robbi Cahyadi. Namun, Robbi Cahyadi saat diperiksa membantah mengendalikan peredaran narkoba. Ia menyebut diperintah oleh Rudi Hartono.

Polisi kemudian melakukan penangkapan terhadap Rudi Hartono yang diduga menjadi penghubung kedua napi lainnya.

"Ketiga napi Lapas Kelas IIA Pekanbaru dibawa ke Mapolda Riau untuk proses penyelidikan selanjutnya," tutup jenderal bintang satu tersebut. 

Tak hanya tiga napi, seorang oknum sipir Lapas Narkoba Rumbai, Irwan Suparta (34), juga turut ambil bagian dalam pengendalian peredaran narkoba di Provinsi Riau. Irwan bahkan dijanjikan upah Rp 35 juta.

"Dari hasil pemeriksaan, IS akan diberi upah Rp 5 juta per satu kg jika berhasil mengirim barang haram ini ke Palembang," ungkap Wassidik Ditresnarkoba Polda Riau, AKBP Defrianto.

Namun saat akan melakukan penjemputan barang ke Dumai, IS bersama saudaranya HO dibekuk Polda Riau di Depan SMA Olahraga, Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kamis, 4 Mei 2023.