Mahfud MD Tegaskan Keterbukaan Informasi di Riau: Semakin Ditutupi, Makin Viral

Mahfud-MD-bersama-Wagubri.jpg
(Dok. Diskominfo Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berkunjung ke Riau dalam agenda Hari Keterbukaan Informasi Nasional (Hakin), Rabu, 17 Mei 2023, malam. 

Mahfud MD dalam kesempatan itu menegaskan kepada pejabat di Bumi Lancang Kuning tentang pentingnya keterbukaan informasi.

"Di era sekarang ini jangan main-main menutupi informasi. Semua orang bisa akses informasi. Untuk itu pejabat publik harus transparan kepada rakyat terhadap segala hal," katanya.

Mahfud MD mengatakan teknologi akan mengungkap informasi yang ditutupi instansi dan pejabat publik. Ia menyebut masalah di daerah yang tertutup rapat akan viral ketika terungkap oleh publik.


"Semakin ditutupi, semakin viral. Habis pejabat yang bersangkutan," terangnya.

Untuk itu, ia berharap adanya transparansi baik terkait anggaran negara dan daerah, serta berbagai aspek kehidupan sosial harus dapat diakses publik dengan mudah. Kecuali, hal-hal yang bersifat khusus, seperti pertahanan dan keamanan, serta informasi rahasia lainnya.

Pria berkacamata itu juga menyinggung berbagai kasus yang bermunculan agar ditanggapi. Pejabat daerah maupun penegak hukum tidak perlu menutupi itu.

"Informasi bisa saja bocor. Entah karena orang itu secara naluri ingin membocorkan, bisa juga karena marah," tutupnya.