ODGJ Asal Pasaman Dipulangkan Usai 79 Hari Rehabilitasi di Pekanbaru

Mimi-ODGJ-Pasaman.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mimi akhirnya bisa kembali ke pelukan keluarganya di, Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Ia dipulangkan setelah menjalani proses rehabilitasi di Kota Pekanbaru.

Mimi yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sempat terlantar di Kota Pekanbaru. Ia diamankan Dinsos Kota Pekanbaru bersama Polresta Pekanbaru, Senin 20 Februari 2023 lalu.

Dirinya menjalani rehabilitasi kejiwaan selama 79 hari di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau. Selama masa rehabilitasi, Tim Dinsos Pekanbaru berusaha menelusuri keberadaan keluarga mimi.

Kepala Dinsos Pekanbaru Idrus menugaskan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Adriyani beserta tim untuk melakukan reunifikasi atau pemulangan Mimi ke pangkuan keluarganya. 

"Alhamdulillah, kita berhasil mengembalikan mimi ke pangkuan keluarganya, kita juga sudah memberikan edukasi kepada pihak keluarga agar Mimi dapat kembali kesejahteraan sosialnya," ungkapnya, Jumat 12 Mei 2023.


Adriyani beserta Tim berhasil mengantarkan Mimi kepangkuan keluarganya didampingi petugas Dinsos Kabupaten Pasaman Barat, Kamis 11 Mei 2023.

Kepala Dinsos Pasaman Barat, Hermanto juga mengucapkan terima kasih kepada Dinsos Pekanbaru atas upaya pengembalian masyarakat mereka.

"Kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Dinsos Pekanbaru yang sudah banyak membantu dan merawat warga kami yang terlantar di Kota Pekanbaru hingga," ucap Hermanto.

Pihak keluarga juga tak lupa mengucapkan terima kasih karena telah menemukan serta merawat keluarganya yang telah lama menghilang itu.