Punya Tunjangan Besar tapi Banyak Anggota DPRD Kuansing Malas Hadiri Paripurna

Paripurna-DPRD-Kuansing11.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Meskipun memiliki tunjangan yang besar tidak membuat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing, Riau rajin hadir rapat di DPRD Kuansing.

Beberapa kali rapat paripurna selalu saja ada belasan anggota DPRD Kuansing yang absen. Sebagian besar dari mereka tidak hadir tanpa keterangan yang jelas.

Termasuk saat rapat paripurna penyampaian Rekomendasi DPRD Kuansing terhadap LKPJ Tahun 2022 hanya 14 anggota DPRD yang hadir sehingga rapat paripurna batal dilaksanakan, Selasa, 9 Mei 2023.

Sebagian besar anggota DPRD Kuansing yang tidak hadir pada rapat paripurna agenda rekomendasi DPRD terhadap LKPJ malah yang berkoalisi dengan pemerintah.

Sebenarnya tidak ada alasan anggota DPRD tidak hadir paripurna karena itu bagian tugas pokok mereka kecuali sedang sakit atau DL. Tapi semua itu harus diketahui pimpinan Dewan.

Setiap bulan setiap anggota Dewan menerima gaji pokok berkisar Rp 4 juta lebih. Selain gaji pokok setiap anggota DPRD Kuansing juga mendapatkan tunjangan. Sejumlah tunjangan yang didapat diantaranya ada tunjangan komunikasi intensif besarannya berkisar Rp 8,9 juta perbulannya.


Kemudian ada tunjangan perumahan berkisar Rp 12,7 juta perbulannya. Dan tunjangan transportasi berkisar Rp 13,9 juta perbulan. Apabila ditotal setiap bulan satu anggota DPRD mendapatkan biaya hidup berkisar Rp 39,8 juta.

Beda anggota dengan pimpinan, kalau pimpinan Dewan mulai dari Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD hanya mendapatkan gaji pokok dan tunjangan komunikasi insentif.

Selain itu setiap kali reses anggota Dewan Kuansing juga mendapatkan tunjangan Rp 10 juta. Reses anggota DPRD Kuansing ada tiga kali setiap tahunnya.

 

 

Menanggapi hal itu, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kuansing, Muslim mengatakan rapat paripurna merupakan tugas pokok setiap anggota. Tidak ada alasan tidak hadir apalagi tanpa keterangan.

BK DPRD juga akan mengambil sikap tegas banyaknya anggota tidak hadir rapat paripurna sehingga rapat paripurna tidak kuorum.

"Besok (Rabu,red) semua ketua fraksi akan kita kumpulkan," ujar Muslim, Selasa siang.