Syamsuar Umrah, Edy Natar Jadi Plh Gubernur Riau Selama 12 Hari

Paslon-Syamsuar-Edy.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jelang masa akhir kepemimpinannya di Bumi Lancang Kuning, Gubernur Riau, Syamsuar, mengambil cuti untuk ibadah umrah di Tanah Suci Mekah.

Syamsuar berangkat umrah terhitung sejak Ahad, 7 Mei 2023 hingga 18 Mei 2023 mendatang. Sementara, tugas-tugasnya sebagai pemimpin Riau akan dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Edy Natar akan bertindak sebagai Pelaksana harian (Plh) Gubernur Riau selama 12 hari ke depan atau selama Syamsuar menjalani ibadah umrah.

"Jadi begitu surat pak gubernur keluar dari Mendagri, secara langsung disebutkan bahwa selanjutnya Pemprov Riau dipimpin oleh Plh Wagubri," jelas Kadis Kominfotik Erisman Yahya.



Artinya, terhitung hari ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk sementara berada di bawah kepemimpinan Edy Natar.

Sesuai dengan aturan, Wakil Gubernur Riau yang berada di langsung di bawah Gubernur Riau akan menjadi pengganti memimpin Tanah Melayu. Namun jika Wakil Gubernur Riau berhalangan, maka Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau yang sementara akan menjalankan tugas-tugas gubernur.

Dengan begitu, Edy Natar, ke depan akan mengemban banyak tugas. Satu di antaranya, terkait proyek payung elektrik yang mandek dan tengah menjadi polemik. Secara tidak langsung, Edy Natar juga harus mengevaluasi kinerja di Pemprov Riau.