Bakal Dilelang, Disdik Riau Gesa Pembangunan 18 Unit Sekolah Baru

Kadisdik-Riau-M-Job-Kurniawan1.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembangunan sekolah dan kelas baru tengah digesa oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau guna meningkatkan pendidikan di Bumi Lancang Kuning. Pemprov Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau pada 2023 akan melangsungkan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) sebanyak 18 sekolah yang tersebar di kabupaten/kota.

Plt Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, M Job Kurniawan menyebut, pembangunan sekolah baru dan kelas baru terus dilakukan agar segera rampung.

"Untuk di Pekanbaru sudah ada 3 sekolah yang dilelang yakni SMAN 17, 18, dan 19. Sementara, untuk yang lain masih bertahap. Jika sudah selesai nantinya akan dilelang," katanya.

Kemudian, ada salah satu sekolah di Rokan Hulu (Rohul) yang juga sudah dilelang. Job sebut, lelang akan dilakukan secara bertahap untuk sekolah yang sudah rampung. Beberapa waktu lalu juga telah dilangsungkan peresmian SMAN 2 Mandau di Kabupaten Bengkalis.

"Mana yang siap kita lelang sehingga pekerjaan tidak menunggu siap dulu," katanya.


Sekolah-sekolah pemerintah yang sedang dibangun pemerintah ini juga sebagai upaya mengatasi persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang setiap tahunnya dikeluhkan karena kekurangan daya tampung sekolah negeri.

Dari 18 sekolah yang sedang dalam pembangunan, 14 di antaranya diperuntukkan SMA Negeri dan 4 lainnya SMK Negeri.

Rincian lokasi USB SMA dan SMK diantaranya SMAN 17 Jalan Parit Indah Pekanbaru, SMAN 18 Jalan Delima Pekanbaru, dan SMAN 19 Jalan Fajar Pekanbaru. Kemudian, SMAN 1 Batang Peranap Indragiri Hulu (Inhu), SMAN 2 Batang Cenaku Inhu, SMAN 2 Batang Gansal Inhu, SMAN Kemuning Indragiri Hilir.

Lalu, SMAN 2 Mandau Bengkalis, SMAN 3 Kubu Rokan Hilir, SMAN 3 Minas Siak, SMAN 3 Rimba Melintang Rokan Hilir, SMAN IV Koto Rokan Hulu, SMAN 4 Bangko Rokan Hilir, dan SMAN 8 Dumai. 

Sementara itu untuk SMK yakni SMKN 4 Rambah Rokan Hulu, SMKN 2 Kandis Siak, SMKN 4 Mandau Bengkalis, dan SMKN 2 Rupat Bengkalis.

Untuk ruang kelas baru (RKB) salah satunya juga menjadi prioritas untuk menampung peserta didik baru. Dikatakan Job, jumlah siswa tamatan SMP/MTs sederajat di Riau, khususnya di Pekanbaru tidak sebanding dengan daya tampung sekolah negeri yang ada.