Syamsuar dan Edy Natar Diisukan Maju DPR RI, Golkar dan Nasdem Tak Tahu?

Syamsuar-Edy-Natar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pendaftaran calon anggota legislatif (bacaleg) telah dibuka secara resmi di masing-masing tingkatkan mulai 1-14 Mei 2023. 

Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Syamsuar dan Edy Natar Nasution sempat diisukan akan maju ke DPR RI dari partainya masing-masing, Golkar dan Nasdem. Kabarnya, keduanya akan maju menjadi caleg untuk mendongkrak suara partai di Pileg 2024 mendatang. 

Berdasarkan UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, jika memutuskan maju menjadi calon anggota legislatif, kepala daerah harus mundur. Jika hal ini terjadi maka Gubernur dan Wakil Gubernur akan berhenti lebih cepat dari jadwal pada 31 Desember tahun 2023. 

Hingga kini, belum diketahui kepastian apakah Syamsuar atau Edy Natar akan maju ke legislatif. Sementara kedua partai masing-masing pun belum bisa memberikan informasi yang pasti.


Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar, Ikhsan, menyebut maju tidaknya Syamsuar ke DPR RI sebagai kewenangan DPP, bukannya DPD I Golkar Riau.

"Itu kewenangan DPP, kita urus yang di daerah saja lah," ujar Ikhsan, Selasa, 2 Mei 2023.

Senada, Ketua Bapilu Partai Nasdem, Dedi Harianto Lubis, juga mengatakan hal ini di luar kewenangannya dan sebaiknya ditanyakan langsung ke Wakil Gubernur. 

"Silakan konfirmasi langsung ke beliau (Edy Natar)," ungkap Dedi.