Kloter Kedua, 61 Warga Riau Dievakuasi dari Sudan Tiba di Tanah Air

WNI-dievakuasi-dari-sudan-tiba-di-jakarta.jpg
(Foto: Kemlu RI via kumparan)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Sebanyak 61 orang warga Riau yang dievakuasi dari Sudan telah kembali ke Tanah Air pada Ahad, 30 April 2023. Mereka merupakan kloter kedua yang dipulangkan dari negera yang tengah mengalami konflik bersenjata tersebut.

Badan Penghubung Riau di Jakarta, Rido Ardiansyah, mengatakan puluhan warga Riau tersebut tiba di Indonesia pada pukul 05.47 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Untuk kloter kedua ada 61 orang. Rincinya 59 laki-laki, satu perempuan, dan satu anak," kata Rido kepada RIAU ONLINE.

Sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing, mereka akan menginap di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Di sana, mereka akan melalui pemeriksaan kesehatan dan menerima layanan konseling.


Kendati begitu, Rido belum bisa memastikan jadwal kepulangan puluhan warga Riau itu ke Bumi Lancang Kuning, mengingat adanya puncak arus balik. Namun, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Baznas Riau terkait kepulangan dan transportasi.

"Kami sedang koordinasikan dengan pihak maskapai dan BAZNAS Riau. Kami juga sedang usahakan untuk dipulangkan besok. Namun, sepertinya besok puncak arus mudik. Kalau tidak dapat tiket untuk besok, akan dijadwalkan penerbangan hari Selasa, 2 Mei 2023," tutupnya.

Sebanyak 128 orang warga Riau berada di Sudan. Sebelumnya, 41 orang di antaranya telah dievakuasi ke Tanah Air dalam kloter pertama dan 61 orang di kloter kedua. 

Sisanya, ada 26 orang warga Riau yang masih bertahan di Sudan. Mereka akan dipulangkan ke Indonesia bersama rombongan kloter ketiga.