Nahkoda dan 5 ABK Biang Kerok 12 Penumpang SB Evelyn Calisa 01 Meninggal

Kapal-Tenggelam4.jpg
(Dok Basarnas Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 12 orang penumpang kapal DB Evelyn Calisca 01 dari Tembilahan Indragiri Hilir tujuan Tanjung Pinang meninggal dunia di Perairan Sei Guntung, Kamis, 27 April 2023.

 

Sedangkan 69 orang penumpang lainnya dilaporkan selamat dan kondisinya saat ini masih syok atas kejadian tersebut. 

 

Setelah dilakukan pemeriksaan saksi dan pemeriksaan 6 kru kapal, diketahui penyebab kapal terbalik tersebut. 

 

Ternyata, Kapal SB Evelyn Calisca 01 sempat mengganti nahkoda dan menambah jumlah penumpang di tengah perjalanan hingga akhirnya terbalik. 

 

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya mengatakan awalnya kapal SB Evelyn Calisca 01 berangkat dari pelabuhan Pelindo, Tembilahan tujuan Tanjung Pinang. 

 

"Sesuai dengan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) kapal dengan Nahkoda Sahran dan 5 ABK membawa 51 penumpang dengan rincian 45 Dewasa dan 6 penumpang Anak-anak," sebut Kombes Nandang dalam rilisnya, Sabtu, 28 April 2023.


 

Saat kapal bersandar di Pelabuhan Sei Guntung, Kapal SB Evelyn Calisca 01 menambah 6 orang penumpang dan melakukan pergantian Nahkoda dari Sahrani ke Acok. 

 

 

 

"Karena Sahrani istirahat makan siang, Acok ambil kendali nahkodai kapal SB Evelyn Calisca 01."

 

"Setelah 15 lepas dari sandaran, kapal SB Evelyn Calisca 01 yang dibawa Acok menabrak kayu yang mengapung hingga akhirnya terbalik," tutup Mantan Kapolresta Pekanbaru itu.