Syamsuar Bakal ke Jakarta, Laporkan Karhutla di Riau kepada BNPB

Syamsuar-padamkan-karhutla-dumai.jpg
(Dok. Diskominfo Riau)

RIAU ONLINE, DUMAI - Gubernur Riau, Syamsuar, melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Dumai, Rabu, 26 April 2023.

Dalam kesempatan itu, Syamsuar turut membantu memadamkan karhutla bersama TNI-Polri, Pemda Dumai, Pemko Dumai, didukung helikopter dari perusahaan swasta. Syamsuar memastikan tidak ada lagi titik api yang menimbulkan karhutla.

"Ini adalah salah satu upaya kita agar tidak meluas,” katanya.

Syamsuar mengaku akan ke Jakarta untuk melaporkan kondisi karhutla kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar segera mendapatkan bantuan helikopter guna mempermudah upaya pemadaman.


“Besok kami juga akan ke Jakarta," jelasnya.

Dengan begitu, Syamsuar harap BNPB segera memberikan bantuan. Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memberikan bantuan garam yang disemai.

"Kebakaran di Dumai sekitar 60 hektar. Saat ini masih diinventaris. Mungkin sekitar 100 hektar lebih. Harapannya agar tidak semakin meluas," paparnya.

Orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning menyebut, tahun 2023 ini terjadi musim kemarau kering di Riau.Untuk diperlukan kewaspadaan dan kerja sama dari warga agar tidak membakar hutan. 

"Kepada petugas lapangan agar tetap menjaga kesehatan serta kekompakan. Jika memang sedang tidak fit agar istirahat. Serta tetap memakai masker," katanya.