Bandara SSK II Dipenuhi Penumpang saat Lebaran, DPRD Riau Minta Perluasan

Bandara-SSK-II-1.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bandar Udara (Bandara) Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, jadi satu dari lima bandara tersibuk selama momen lebaran. DPRD Riau pun mengapresiasi bandara terbesar di Riau itu.

"Tentu kita apresiasi akan hal yang luar biasa ini. Apalagi bandara kita masuk dalam deretan bandara yang dipertahankan menjadi bandara internasional," ucap Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, Rabu, 26 April 2023.

Agung mengatakan, perlu adanya pembenahan sebab Bandara SSK II Pekanbaru sudah tak bisa menampung lonjakan penumpang saat momen hari besar.

"Ledakan penumpang saat hari besar tersebut tak lagi cukup jika ditampung di bandara kita. Harapannya bisa segera dibenahi, lakukan pelebaran atau perluasan ataupun pemindahan, supaya bandara ini layak disebut bandara internasional," kata Politikus PAN itu.


Jumlah penumpang yang dilayani Bandara Sultan Syarif Kasim II periode 12 - 23 April 2023 sebanyak 101.127 orang, hal ini mengalami kenaikan sebanyak 11 persen dari jumlah penumpang yang dilayani pada periode yang sama di tahun 2022.

"Untuk pergerakan pesawat yang telah dilayani dari tanggal 12 - 23 April 2023 sebanyak 849 pergerakan atau tumbuh sebanyak 28% dibanding jumlah pergerakan pesawat pada periode yang sama  di tahun 2022," kata Executive General Manager, M Hendra Irawan.

Sementara itu, untuk puncak arus mudik penumpang dan pesawat selama periode angkutan lebaran tahun 2023 sementara terjadi pada H-3 atau pada tanggal 19 April 2023 sebanyak 11.721 orang untuk penumpang dan 92 pergerakan untuk pesawat.