Kedalaman Gambut 4 Meter, Lokasi Karhutla Sulit Dijangkau

Kapolda-padamkan-karhutla-dumai0.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekitar 50 hektar lahan gambut terbakar di wilayah perbatasan Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal melaksanakan operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Tanjung Leban dan Medang Kampai.

Irjen Iqbal menyebut, sekitar 85 persen lahan sudah dapat teratasi, namun 15 persen lagi dalam proses pendinginan.

“Ini adalah area gambut dengan kedalaman empat meter. Di atas sudah padam namun di bawah masih ada bara," jelasnya, Senin, 24 April 2023.


Dijelaskan oleh mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu, asap yang muncul saat ini bukan lagi dari kebakaran melainkan dari proses pendinginan lahan.

"Saya di lokasi tadi, itu 10 menit disemprot air baru padam hingga ke bawah. Jadi memang memerlukan proses," tuturnya.

Kapolda Riau menambahkan, lokasi kebakaran lahan sulit untuk dijangkau karena dalamnya gambut. Sedangkan untuk pasokan air, tim tidak mengalami kesulitan.

"Kedalaman gambutnya empat meter, jadi jika salah melangkah bisa terperosok. Untuk sumber air mudah. Hanya saja medannya cukup berat dilalui," ungkapnya.

Irjen Iqbal memerintahkan sederet pejabat utama Polda Riau untuk siaga di sana, memimpin operasi pendinginan. Setidaknya ada Direktur Samapta, PamObvit, Dansat Brimob dan anggotanya serta beberapa lainnya. Selain itu juga ada dari unsur TNI, BPBD, Manggala Agni dan lainnya.