Deretan Penghargaan yang Diterima Pekanbaru Jelang Setahun Muflihun Menjabat

Muflihun70.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun, mendulang sederat penghargaan selama hampir setahun menjabat. Prestasi ini tidak dengan mudah diraih, butuh kerja keras dan kerjasama dari semua pihak sehingga berbagai prestasi mampu didapat.

Muflihun resmi dilantik sebagai Pj Walikota Pekanbaru oleh Gubernur Riau Syamsuar di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah pada Senin 23 Mei 2022.

"Alhamdulillah, selama saya menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru yakni sejak Bulan Mei tahun 2022 hingga saat ini memang kita ada mendapatkan sejumlah penghargaan," ujar Muflihun, Senin (17/4).

Ia mengatakan penghargaan dan prestasi yang diraih ini tentu berkat kerjasama banyak pihak. Untuk itu dirinya mengucapkan terimakasih atas kinerja bersama Pemko Pekanbaru.

"Ini tentu tak bisa kita raih sendiri. Semua ini berkat kerjasama berbagai pihak. Tentunya ini harus tetap dipertahankan. Masih banyak lagi yang harus kita benahi di Kota Pekanbaru, salah satunya soal jalan. Saya sudah berjanji kepada masyarakat untuk bisa memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Namun tentu ini tidak bisa secara instan, pelan-pelan kita akan benahi semuanya," ungkapnya.

Berikut ini sejumlah penghargaan yang diterima oleh Muflihun selama menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru:

1. Pemerintah Kota Pekanbaru meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pelaksanaan dan penyelenggaraan administrasi keuangan tahun 2021. Ini adalah opini WTP keenam kalinya secara berturut - turut mulai tahun 2016 lalu.

2. DP3PM Kota Pekanbaru meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penghargaan serupa juga diraih pada tahun 2019, 2020 dan 2021.

3. Penghargaan pelayanan sejuta akseptor. Penyerahan apresiasi ini diterima oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru, Drs. H. Muhammad Amin, M.Si menerima Penghargaan terkait Pelayanan Sejuta Akseptor Tingkat Nasional.

4. DPM-PTSP Kota Pekanbaru, menerima penghargaan Peringkat 1 Nominasi Kabupaten/Kota Terbaik Tingkat Kepatuhan Penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) tahun 2022 dari DPM-PTSP Provinsi Riau.

5. Penghargaan Dinas Kesehatan Perintis Digitalisasi Kesehatan Aplikasi SMILE. Penyerahan apresiasi ini diterima oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dinilai mampu melakukan transformasi digital kesehatan melalui pemanfaatan platform pencatatan digital SMILE.

6. Pemko Pekanbaru dalam Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Provinsi Riau kategori Pemulihan dan Penertiban Aset tahun 2021, menerima penghargaan:


Kategori I
Pemulihan dan Penertiban Aset Tahun 2021 : Penyelesaian Aset Sengketa dengan Swasta/Masyarakat)

Kategori II
Pemulihan dan Penertiban Aset Tahun 2021 : Penerimaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) dari 7 Perumahan/ 6 Pengembang

7. Kota Pekanbaru meraih penghargaan TPID Award 2021 sebagai Kota Berkinerja Terbaik Dalam Pengendalian Inflasi di Wilayah Sumatera.

8.Kota Pekanbaru meraih Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Tahun 2021 dengan Kategori Baik.

9. Pemko Pekanbaru menerima piagam penghargaan di ajang ALI 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/ BKPM RI.

10. Kecamatan Rumbai meraih Penghargaan Peringkat 3 Terbaik pada Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) Tingkat Provinsi Riau tahun 2022.

11. Kota Pekanbaru meraih juara kedua pada kategori Pelaksanaan Kemitraan di bidang Penanaman Modal antar Usaha Besar dengan UMKM Tahun 2022.

12. Pemko Pekanbaru menerima penghargaan atas capaian mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut (2017-2021) untuk laporan keuangan pemerintah daerah dari Kementerian Keuangan RI.

13. DPM-PTSP Kota Pekanbaru, meraih penghargaan peringkat l kategori "A" Pelayanan Prima dari KemenPAN-RB.

14. Pj Wali Kota Pekanbaru menerima Penghargaan Achievement Motivation Person pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik & Achievement Motivation Person Award 2022

15. Pemko Pekanbaru menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 sebagai 'Kota Terinovatif’.

16. Disdalduk KB Kota Pekanbaru, meraih penghargaan Terbaik I dalam Pengelola Program Bangga Kencana tingkat Provinsi Riau tahun 2022.

17. Kota Pekanbaru meraih Sertifikat Adipura dari Kementerian LHK RI. Sertifikat ini merupakan apresiasi dan penilaian bahwa terdapat peningkatan yang cukup tinggi yang diperoleh Pemko Pekanbaru dalam menciptakan Kota Besar Bersih.

18. Pemko Pekanbaru meraih 2 penghargaan pada KN Awards dari Kementerian Keuangan RI, yaitu:
- Pemerintah Kota Pekanbaru, terima Penghargaan Terbaik 1 Kategori Pemohon Penilaian Barang Milik Daerah Tahun Anggaran 2022
- Bapenda Kota Pekanbaru, terima Penghargaan Terbaik III Kategori Penyerah Piutang Teraktif Dalam Penyelesaian Piutang Negara dan Daerah Pekanbaru

 

 

19. Pemko Pekanbaru menerima penghargaan dalam ajang APBD Award 2023 dari Kementrian Dalam Negeri RI, yaitu:

- Peringkat Pertama Tingkat Kota Realisasi Belanja Daerah Tertinggi APBD tahun 2022
- Peringkat Ketiga Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi Tahun Anggaran 2022

20. Pemko Pekanbaru menerima Penghargaan Terbaik III Kinerja Pelayanan Kredit Usaha dan Ultra Mikro Tahun 2022.

21. Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun S.STP., M.AP menerima TOP Pembina BUMD 2023. Selain itu terdapat juga penghargaan lainnya:

- PT BPR Pekanbaru Madani (Perseroda) meraih TOP BUMD Award 2023 #BPR Bintang – 4
- Akhmad Fauzi L.Lubis., ST., MM, Direktur Utama PT. BPR Pekanbaru Madani (Perseroda) meraih TOP CEO BUMD 2023