Polda Riau Siagakan 3.107 Personel Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran

Apel-gelar-pasukan.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Lancang Kuning Idul Fitri 1444 H untuk pengamanan mudik lebaran, pada Senin, 17 April 2023.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyebut ada 3.107 personel yang dikerahkan untuk disiagakan selama arus mudik dan balik lebaran. 

"Seluruh masyarakat diharapkan dapat merasakan mudik aman dan nyaman. Ada 61 pos pengamanan," ujarnya.

Irjen Iqbal mengatakan, Polri hadir untuk mengantisipasi gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) pemudik di perjalanan.


"Oleh karena itu kami secara kolaboratif melakukan upaya preventif dan preemtif. Ada penegakan hukum agar tidak terjadi pelanggaran dan kecelakaan. Kita ketahui kecelakaan berawal dari pelanggaran," ungkapnya.

Jenderal bintang dua itu meminta agar masyarakat tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak terburu-buru. Kemudian, memastikan kendaraannya telah di servis sebelum mudik.

Perihal gangguan keamanan seperti jambret dan kriminal jalanan. Menurutnya, Polri hadir di tengah masyarakat agar tetap aman.

"Saya juga meminta Kapolres untuk hadir dan melakukan penindakan jika terjadi kriminalitas dan gangguan keamanan yang lain," tegasnya.

Apel gelar pasukan yang digelar di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman ini turut dihadiri oleh TNI, BPBD, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, dan unsur Forkopimda lainnya.