Jadi Petugas Amil Zakat, Sekdako Pekanbaru Salurkan Zakat Harta Penghasilan Rp 8 Juta

Indra-Pomi-jadi-petugas-amil-zakat.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mendadak jadi petugas amil zakat di Masjid Agung Paripurna Ar Rahman, Pekanbaru, Senin 17 April 2023.

Dirinya menerima zakat yang dihimpun dari sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Pekanbaru. Zakat tersebut nantinya dihimpun di Baznas Pekanbaru untuk disalurkan kepada para penerima zakat.

Satu per satu kepala OPD menyerahkan zakat fitrah dan zakat mal kepada Indra yang menjadi petugas zakat. Dirinya tidak cuma menjadi petugas zakat pada kesempatan itu. 

Indra juga menyalurkan zakat harta penghasilan sebesar Rp 8,2 juta kepada petugas amil zakat dari Baznas Pekanbaru.


"Hari ini sebagaimana kita taja tiap tahun bersama Baznas, kita menjadi amil zakat sehari. Yang seharusnya dihadiri pak wali kota, namun tadi pak wali ada kegiatan, maka saya mewakili," terangnya usai kegiatan.

Menurutnya, ada kepala OPD, para asisten dan sejumlah camat di lingkungan pemerintah kota yang menyalurkan zakatnya ke Baznas Pekanbaru. Ia menyebut ada yang menyerahkan zakat mal maupun zakat fitrah.

Dirinya mengatakan, penyaluran zakat ke Baznas Pekanbaru pada acara tadi hanya tahap awal. Para pejabat dan ASN di lingkungan pemerintah kota bisa menyalurkan zakatnya ke Baznas Pekanbaru.

"Harapan kita tentu dengan kegiatan ini, bisa menggugah masyarakat kita meningkatkan pembayaran zakat ke Baznas agar bisa dikelola dengan baik," katanya.

Zakat yang dihimpun Baznas tentu bakal disalurkan kepada mereka yang berhak menerima zakat. Ada delapan asnaf atau orang yang berhak menerima zakat.