Ditlantas Polda Riau Pastikan Jalur Mudik Siap Dilalui Masyarakat

Ilustrasi-arus-mudik-lebaran1.jpg
(Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau memastikan jalur mudik sudah siap dilalui masyarakat. Hal ini dipastikan usai Ditlantas Polda Riau dan jajaran mengikuti rapat lintas sektoral

Ditlantas Polda Riau, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan, memprediksi jalur barat menuju ke arah Sumatera Barat (Sumbar) masih menjadi yang terpadat. Pihaknya sudah melakukan sejumlah perencanaan antisipasi kepadatan kendaraan.

Untuk tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang), kata Dwi tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan pengaturan khusus untuk mengurai penumpukan kendaraan.

"Kita lihat situasi di lapangan, kalau memang dibutuhkan (rekayasa lalu lintas), kalau di tol, contra flow tidak mungkin karena jalur pemotongan tidak ada. Paling nanti di pintu tolnya (kita atur keluar masuk)," ujar Kombes Dwi, Jumat, 14 April 2023.

Perwira jebolan Akpol 2000 ini mengimbau masyarakat yang menggunakan tol hendaknya sudah menyiapkan saldo yang cukup.


"Supaya tidak menumpuk nanti di pintu tol. Yang penting juga bahan bakar minyak (BBM) harus cukup," tutur Dwi.

Lanjut mantan Kapolres Agam ini, bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan atau melaporkan kejadian di jalanan bisa menghubungi call center 110.

"Selain itu nanti kita juga akan sampaikan nomor call center lainnya. Menggunakan aplikasi Si Talam Manis juga bisa. Kita akan respons lewat Polres terdekat," paparnya.

Terkait mudik, Dwi mengimbau masyarakat dapat menyiapkan diri dan kendaraan bermotor yang akan digunakan.

"Selain itu harus sudah siap rute, siap waktu kapan akan melaksanakan mudik, siap perbekalan dan obat-obatan," bebernya.

Dwi menambahkan, saat masa mudik lebaran, ada 61 pos yang didirikan. Mulai dari pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.