Tips dan Trik Hindari Kemacetan saat Mudik Lebaran

Ilustrasi-arus-mudik-lebaran1.jpg
(Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO via kumparan)

RIAU ONLINE - Sebagian besar masyarakat Indonesia menantikan momen mudik lebaran agar dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan sanak saudara. Antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman seringnya menimbulkan kemacetan di sejumlah titik.

Untuk menghindari kemacetan panjang yang sering terjadi saat mudik, ada sejumlah tips dan trik yang bisa diikuti, sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Jangan Mudik di Hari-hari Padat

Menghindari hari-hari padat saat melakukan mudik menjadi cara pertama untuk menghindari kemacetan. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh pemudik yang bekerja di sektor non formal.

Kamu bisa memantau arus lalu lintas terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik. Hari-hari padat diperkirakan saat cuti bersama. Saat itu, diprediksi menjadi puncak mudik yang seringnya menyebabkan kemacetan.

Mudik dengan Pesawat atau Kereta Api


Pesawat dan kereta api menjadi moda trnsportasi anti-kemacetan sehingga sering dipilih para pemudik. Namun, bersiap-siaplah untuk war tiket di tanggal-tanggal padat, utamanya buat pemudik yang terikat hari libur dengan instansi tempatnya bekerja.

PT KAI biasanya merilis penjualan tiket mudik lebaran di H-45 tidak seperti hari-hari biasa di mana tiket baru bisa dibeli di H-30.

Jalur Alternatif

Cara lain untuk menghindari kemacetan dengan memilih jalur-jalur alternatif di luar tol atau jalur arteri. Biasanya, pantauan-pantauan arus mudik memberikan informasi seputar jalur alternatif.

Untuk bisa menemukan rute alternatif, pemudik juga dituntut untuk memiliki kemampuan menyetir yang memadai serta membaca GPS. Pasalnya, tidak jarang beberapa jalur alternatif memiliki kontur lebih ekstrem dibandingkan dengan jalan-jalan utama.

Mudik di Malam Hari

Perjalanan malam cenderung lebih landai jika dibandingkan siang. Untuk pemudik yang ingin menghindari macet, disarankan agar melakukan perjalanan di malam hari. Namun, risiko kecelakaan yang lebih besar memberi wanti-wanti kepada pemudik agar tak memaksakan diri. Jika mengantuk atau kelelahan lebih baik beristirahan di rest area yang telah disediakan.

Mobil dalam Kondisi Prima

Bagi pengguna kendaraan pribadi, salah satu penyebab kemacetan adalah mobil yang mengalami kerusakan di jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas, seperti ban bocor atau mesin yang mati. Jadi pastikan kendaraanmu dalam keadaan baik. Jangan lupa pula bawa ban cadangan serta mengisi kartu tol jika diperlukan.