Program PINTAR Tanoto Foundation Bikin Belajar di SDN 01 Benteng Hulu Menyenangkan

Murid-sd7.jpg
(Riau online/Hendra Dedafta)

RIAU ONLINE, SIAK-Program PINTAR Tanoto Foundation membuat proses belajar murid SDN 01 Benteng Hulu, Siak menjadi aktif dan menyenangkan.

Kepala Sekolah SDN 01 Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Muhammad Juli Atra mengatakan banyak sekali manfaat dari pelatihan yang diberikan oleh Tanoto Foundation kepada fasilitator di sekolah mitra, dari pelatihan yang diberikan tersebut sehingga bisa diaplikasikan di kelas.

 

"Kita melihat sejak bermitra dengan Tanoto Fondation, di kelas siswa jadi lebih aktif dan senang dalam pembelajaran, program pembelajaran ini cukup efektif, sehingga guru makin kreatif dan inovatif," ucap M Juli Atra, Selasa 11 Maret 2023.

 

M Juli Atra berharap Program PINTAR Tanoto Foundation berlanjut kedepannya. 

 

“Kami sangat mendukung Program PINTAR Tanoto Foundation karena banyak inovasi dan ide kreatif dari pelatihan Program PINTAR,” jelasnya.

 

Lanjutnya, pembelajaran yang dilaksanakan selama ini sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik, sesuai dengan minat dan bakatnya masing- masing. Sehingga kebutuhan anak terpenuhi dalam pembelajaran.

 

Banyak sekali metode pembelajaran yang diterapkan semenjak bermitra dengan Tanoto Fondation, Tema yang dilaksanakan di tahun 2023 ini yaitu Litersi dan Numerasi.


 

Ddengan metode ini siswa diberi tugas pada hari sebelumnya untuk membaca, kemudian menceritakan kembali di hadapan siswa lainnya. 

 

“Sebelumnya mereka diberi tugas rumah untuk membaca sebauah cerita, keesokannya siswa diminta menceritakan kembali di depan kelas dengan cara mereka sendiri,” ujar Atra.

 

Menurutnya, metode pembelajaran Literasi yang dilakukan dalam kelas ini, bertujuan agar siswa dapat meningkatkan percaya dirinya dan pembelajaran lebih menyenangkan serta sebagai variasi dalam pembelajaran.

 

Sri Wahyuni District Coordinator Siak mengatakan kunjungan yang dilakukan ke sekolah mitra guna melihat praktik baik di sekolah mitra di Siak.

 

SDN 01 Benteng Hulu merupakan sekolah mitra Tanoto Foundation, dari total 28 sekolah mitra yang terdiri dari 20 SD/MI dan 8 SMP/MI sekolah mitra program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Siak. 

 

Media visit Tanoto Foundation ke SDN 1 Benten Hulu juga melihat pembelajaran aktif dengan menggunakan aplikasi Ipusnas.

 

Ipusnas adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Serta melihat pemanfaat teknologi yang dikembangkan pada Perpustakaan Hibrid, namun untuk Perpustakaan Hibrid saat ini belum maksimal, saat ini masih berproses pada database ketersediaan buku, namun untuk peminjaman sudah bisa diterapkan dalam sistem aplikasi untuk peminjaman.

 

 

Untuk diketahui, Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran atau PINTAR sejak tahun 2018, berfokus pada peningkatkan capaian siswa melalui tiga pilar kerja, yaitu: Peningkatan kemampuan siswa dalam literasi, numerasi dan sains.

 

Di samping itu juga program pengembangan sekolah bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dan kepala sekolah dengan mendemonstrasikan model-model praktik baik dalam pengajaran dan pembelajaran serta kepemimpinan sekolah. Mendorong keterlibatan orang tua untuk mendukung pembelajaran siswa di rumah dan sekolah.