Pasokan Bahan Pokok di Pekanbaru Dipastikan Cukup Hingga Idul Fitri

Pedagang-bahan-pokok1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru memastikan pasokan bahan pokok aman hingga Idul Fitri 1444 H mendatang. Harga kebutuhan pokok di pasaran masih terbilang stabil, belum ada yang mengalami kenaikan signifikan.

"Harga juga stabil. Sebenarnya di akhir bulan kemarin kita deflasi, artinya harga bahan pokok menurun dibandingkan sebelumnya sehingga terjadi deflasi," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Senin 10 April 2023.

Indra Pomi mengatakan, Pemko Pekanbaru bersama Forkopimda melakukan persiapan jelang Idul Fitri tahun ini. Pemko memastikan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di pasaran.

Ia menyampaikan, kondisi ini berdasarkan pantauan dinas terkait. Indra menyebut, Pekanbaru mengalami deflasi 0,17 persen pada akhir Maret. Hal ini dipengaruhi turunnya harga bahan pokok yang gampang bergejolak.  

"Ternyata, inflasi nasional juga mengalami penurunan 0,3 persen," sebutnya.


Menurutnya, inflasi dapat dikendalikan jika masyarakat mengatur pola belanja. Masyarakat cukup membeli keperluan sesuai kebutuhan. 

"Jangan beli barang hanya untuk disimpan di rumah dalam jangka waktu tertentu. Agar, barang-barang yang tersebut juga bisa dibeli oleh keluarga lain," paparnya. 

Sementara itu, deflasi disebabkan turunnya sejumlah harga bahan pokok tertentu mudah bergejolak. Bahan pokok mudah bergejolak di antaranya cabai, bawang, dan beras. 

"Turunnya harga bahan pokok tertentu itu bukan karena daya beli masyarakat menurun. Daya beli masyarakat cukup baik. Itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,85 persen," tuturnya.