Catat! Alat-alat Wajib Tersedia di Mobil Saat Mudik Lebaran

Mobil-dengan-dongkrak.jpg
(Foto: Muhammad Ikbal via kumparan)

RIAU ONLINE - Sebanyak 123 juta orang diprediksi akan mudik lebaran Idul Fitri 2023. Mobil pribadi menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan.

Tentunya, dibutuhkan persiapan matang untuk mudik menggunakan mobil pribadi. Persiapan bahkan harus dilakukan jauh hari sebelum berangkat mudik.

Umumnya pemilik kendaraan sudah melakukan pengecekan atau servis berkala, namun sebaiknya persiapkan pula alat-alat bantu yang dibutuhkan saat menemui kendala di perjalanan mudik.

Service Manager Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Edwin Dwi Novianto, merincikan sejumlah alat yang wajib dibawa atau harus ada di kendaraan.

“Toolkit yang wajib ada itu dongkrak dan pemutar kuncinya, ini jelas vital ketika mobil mengalami pecah ban ketika sedang dalam perjalanan,” jelas Edwin, dikutip dari kumparan, Kamis, 6 April 2023.

Selain itu, persiapkan pula perkakas seperti kunci pas dan ring secukupnya. Edwin menyarankan ambil ukuran 10, 11, dan 14 serta obeng mata plus dan minus.


“Toolset lainnya untuk antisipasi jika diperlukan penyetelan pada area interior atau eksterior yang sifatnya ringan atau mudah dilakukan,” imbuhnya.

Pastikan juga alat-alat bawan dari mobil tetap tersedia dan berada pada tempatnya. Seperti, segitiga pengaman darurat, kota P3K dengan obat-obatan yang masih baru, serta tabung APAR.

“APAR diperlukan sebagai preventif jika terjadi kejadian yang tak terduga, beberapa kejadian kebakaran kendaraan dapat dicegah dengan segera,” pungkas Edwin.

Senada dengan Edwin, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengingatkan membawa peralatan yang seperlunya saja.

“Bawa seperlunya saja, soalnya kalau terlalu banyak bisa berpindah-pindah ketika mobil sedang bermanuver. Beda dengan peralatan yang memang dari pabrikan karena sudah ada tempat khususnya,” jelasnya.

Jangan lupa, bagi pemilik mobil yang jarang menggunakan peralatan bawaan pabrik, sebaiknya periksa kembali kondisi alat tersebut apakah ada kerusakan seperti bengkok, karat, dan sebagainya.

“Kalau mau bawa peralatan tambahan sebaiknya yang memang berfungsi untuk perbaikan ringan, tidak disarankan untuk memperbaiki sesuatu yang tidak kita paham,” beber Sony.

Sony memberikan alternatif kepada para pemudik yang berencana untuk menggunakan mobil agar menyimpan kontak dan alamat bengkel di dekat jalur mudik yang akan dilewati.

Alat-alat yang direkomendasikan tersebut juga dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko perlengkapan atau aksesori mobil. Sehingga Anda dapat menyiapkannya dari sekarang.