Baru 1.874 Orang di Kuansing Aktifkan Identitas Kependudukan Digital

Ilustrasi-IKD.jpg
(Jatimpedia)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Sebanyak 1.874 orang di Kabupaten Kuansing telah mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Masyarakat belum antusias untuk melakukan registrasi maupun aktivasi IKD.


Padahal Pemkab Kuansing telah berusaha maksimal melakukan sosialisasi baik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat umum untuk segera melakukan registrasi maupun aktivasi.

"Target kita 61 ribu atau 25 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Kuansing," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kuansing, M Reffendi Zukman dihubungi, Kamis, 6 April 2023.

Hingga Maret 2023 ini kata Reffendi baru 1.874 orang yang sudah aktivasi IKD. Proses aktivitas IKD masih terus berlanjut hingga kini. Pemkab berharap proses aktivasi IKD bisa mencapai target pada triwulan berikutnya.

Sebelumnya Direktur Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan target 25 persen dari jumlah penduduk Kuansing yang sudah memiliki KTP elektronik agar menggunakan akses Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada tahun 2023.





 


"Jumlah penduduk kita saat ini ada sekitar 341 ribu jiwa, dan 25 persennya sekitar 61 ribu ditargetkan tahun ini sudah menggunakan identitas digital," kata mantan Kabag Kesra Setda Kuansing ini.

Dikatakan Reffendi untuk bisa mengakses warga harus mendaftar dulu dengan mengupload aplikasi IKD di handphone android. "Untuk bisa daftar nanti bisa ke kantor, kita juga akan turun membantu masyarakat agar terhubung dengan IKD nantinya," katanya.