Grup Qasidah Polres Siak Raih Juara Pertama Lomba Qasidah Polda Riau

Grup-Qasidah-Polres-Siak.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, SIAK - Grup Qasidah Polres Siak meraih juara pertama lomba Da'i dan Qasidah yang digelar Polda Riau dalam rangka memeriahkan Ramadan 1444 H, Selasa, 4 April 2023.

Perlombaan Da’i dan Qasidah yang berlangsung di Mapolda Riau ini diikuti 12 Polres se-jajaran Polda Riau. Polres Siak mengirimkan perwakilan 1 orang da’i dan satu grup qasidah untuk mengikuti lomba tersebut.

Grup qasidah Polres Siak yang dipimpin Kasat Lantas Polres Siak AKP Viola Dwi Anggreni menerima piala beserta uang pembinaan yang langsung diserahkan oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, didampingi Gubernur Riau, Syamsuar.

Kapolres Siak, AKBP Ronald Sumaja mengungkapkan bahwa ia sangat senang dan bangga dengan prestasi yang diraih personel Polres Siak.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel atas prestasi yang diraih, ini merupakan bukti kerjasama yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula,” ucap AKBP Ronald

Menurut AKBP Ronald bukan piala, piagam ataupun uang tetapi perjuangan (fighting spirit) dalam prosesnya yang lebih berarti.

“Dalam waktu yang relatif singkat mereka tekun berlatih dan bersungguh-sungguh akhirnya membawa nama Polres Siak menjadi yang terbaik, salam hormat (salut) buat seluruh tim," ungkap AKBP Ronald 

Di akhir, orang nomor satu di Polres Siak itu berpesan agar seluruh personel tidak habis di situ saja, terus berlatih dan asah kemampuan.


“Untuk perwakilan da’i jangan berkecil hati karena tidak menang, terus berlatih saya yakin nanti bisa lebih baik lagi," ucap AKBP Ronald.

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan perlombaan ini sengaja dibuat oleh pihaknya dalam rangka menyemarakkan Ramadan 1444 Hijriyah. 

Hal ini diungkapkannya, sekaligus menjadi bagian dari Operasi Tertib Ramadan yang sedang berlangsung, dimana personel jajaran juga diminta dapat mengedepankan pendekatan secara keagamaan kepada masyarakat.

Melalui lomba tersebut, Kapolda juga ingin membangun sumber daya manusia (SDM) Polri di jajarannya yang memiliki akhlak yang baik. 

"Saya menginisiasi audisi di setiap Polres-Polres. Personel yang memiliki kapasitas dan kapabilitas menjadi Da'i Kamtibmas. Itu penting untuk memberikan imbauan di tempat ibadah, khususnya masjid. Sehingga lebih mengena dalam mengajak masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban dengan pendekatan agama dan ibadah," kata Kapolda Riau.

Lanjut Irjen Iqbal, hal ini juga sejalan dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang ingin menghadirkan kepolisian di tengah masyarakat khususnya saat Ramadan, sekaligus untuk menemukan kualitas sumber daya manusia personel di tiap-tiap Polres.

"Beliau (Kapolri, red) berpesan kegiatan ini supaya hendaknya bisa menginspirasi tiap anggota polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dengan pendekatan melalui penyampaian pesan pesan keagamaan oleh Da'i Kamtibmas," ucap mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

"Dengan adanya Da'i Kamtibmas, saya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa polisi memiliki akhlakul karimah atau akhlak yang baik," imbuhnya.

Sementara terkait lomba qasidah, Irjen Iqbal menilai hal ini juga menjadi bagian dari kesenian yang harus dilestarikan. Karena qasidah, dapat menjadi sarana dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan.

"Alhamdulillah Bapak Gubernur, tokoh agama, tokoh adat yang hadir di sini gembira melihat anggota Polri yang tampil. Sekaligus merasakan kesejukan Ramadan. Doakan ini membawa berkah untuk Bumi Lancang Kuning," tutup Irjen Iqbal.