Ludes Dilalap Si Jago Merah, Muflihun Ubah Gedung MPP Jadi Alun-Alun Kota

MPP-Terbakar10.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru hingga kini belum diperbaiki pasca dilanda kebakaran kebakaran hebat pada 5 Maret 2023 lalu.

 

Namun rencananya, lokasi bekas kebakaran gedung tersebut bakal menjadi alun-alun.

 

"Jadi gedung MPP sekarang ini kita jadikan alun-alun," papar Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Senin 3 April 2023.

 

Lokasi tersebut segera beralih fungsi karena Kota Pekanbaru yang merupakan kota besar belum memiliki alun-alun. Ini lantaran kota besar lainnya di Indonesia memiliki alun-alun sebagai ruang terbuka bagi masyarakat.

 

Muflihun mengatakan, gedung pelayanan MPP bakal dipindah ke sisi kiri gedung C dalam areal perkantoran di Jalan Jenderal Sudirman. Dirinya mengaku sudah berdiskusi dengan beberapa tokoh masyarakat dan akademisi.


 

Ada berbagai pihak memberi masukan agar segera dibuat desain MPP dengan bentuk baru. Ia pun menggandeng semua pihak mulai dari kawula muda, BEM, LSM hingga media massa untuk diskusi publik.

 

 

"Pak Firdaus, Wali Kota Pekanbaru di masanya juga mengapresiasi, kota ini butuh alun-alun," jelasnya.

 

Muflihun mengaku siap berdebat maupun berdialog dalam diskusi publik tersebut. Ia ingin menyatukan pemikiran untuk mendesain ulang MPP sebagai wajah baru.

 

Dirinya menyebut kebakaran MPP pada Maret silam adalah suatu musibah. Namun pemerintah tidak berdiam diri dengan tetap menyiapkan layanan di gedung C MPP Pekanbaru.