Fraksi PAN DPRD Riau Kritisi LKPJ Pemprov Riau: Kinerja Sangat Buruk

Sidang-LKPJ-Pemprov-riau.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau dari Fraksi PAN, Mardianto Manan, menyampaikan pandangan umum fraksi PAN DPRD Riau terhadap rancangan peraturan daerah tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah Provinsi Riau Tahun 2022. 

"Dari bidang pembangunan infrastruktur, barangkali dalam urusan inilah fraksi PAN menilai kinerja yang sangat buruk dan mengecewakan dari Pemerintah Provinsi Riau," kata Mardianto, Kamis, 30 Maret 2023.

Menurut Mardianto, dilihat dari beberapa program dan kegiatan strategis seperti pembangunan jalan tidak terlaksana dengan baik. 

"Bahkan ada kegiatan yang menelan banyak anggaran menyisakan permasalahan di mana pengerjaannya yang tidak sesuai target dan sempat pula beberapa kali diadendum. Sebagai contoh pembangunan Gedung Quran Center di Jalan Sudirman Pekanbaru, dan yang santer disorot saat ini adalah pembangunan payung elektrik Masjid Annur Pekanbaru. Hal ini tidak seharusnya terjadi kalau dilakukan proses perencanaan yang matang," jelasnya.


Namun, kata Mardianto, fraksi PAN juga mengapresiasi dari kondisi makro pembangunan Pemprov Riau.

"Tahun 2022 kita bolehlah berbangga di mana indikator-indikator tersebut menunjukkan kondisi yang lebih baik dari tahun 2021," ujarnya.

Kondisi yang lebih baik itu, lanjut Mardianto, Misalnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan dari 72,94 pada tahun 2021 menjadi 73,52 pada tahun 2022 atau meningkat 0,79 persen.

"Angka kemiskinan pada tahun 2022 juga lebih rendah dari tahun 2021, yaitu 6,84 persen dari semula 7,00 persen," pungkas Mardianto.