Sebanyak 10.000 Sertifikat Gratis Ditargetkan Lewat Program PTSL 2023

Memby-Untung-Pratama2.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru pada tahun 2023 mendapat target sepuluh ribu sertifikat gratis lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Pada tahap pertama targetnya mencapai 6.782 sertifikat.

 

Sedangkan tahap dua sebanyak 3.218 sertifikat. Hal ini jadi satu bahasan dalam Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN yang berlangsung di Grand Suka Hotel Pekanbaru, Senin 20 Maret 2023.

 

"Kegiatan PTSL sejak 2017, yang dimulai dari inisiatif Komisi II DPR RI untuk mengalokasikan anggaran bagi masyarakat bisa menerima sertifikat secara gratis. Kita juga akan tetap melaksanakan PTSL tahun 2023," papar Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru, Memby Untung Pratama.

 

Menurutnya, program PTSL tahun ini meliputi 12 kelurahan. Kelurahan tersebut yakni Kelurahan Lembah Damai, Kelurahan Rumbai Bukit, Kelurahan Agrowisata, Kelurahan Umban Sari dan Kelurahan Palas.

 

Kemudian Kelurahan Sri Meranti, Kelurahan Pebatuan, Kelurahan Bencah Lesung, Kelurahan Meranti Pandak dan Kelurahan Limbungan. Lalu Kelurahan Lembah Sari dan Kelurahan Tebing Tinggi Okura.

 

Pelaksanaan program sertifikat gratis bagi masyarakat ini diawasi langsung oleh Komisi II DPR RI. Apalagi target tahun ini lebih besar dari tahun lalu yakni 10.000 sertifikat. Sedangkan tahun lalu hanya 1.981 sertifikat.

 

"Target tahun ini lima kali lipat dari tahun 2022. Kami optimis capai target dan bisa melebihi target. Kami bisa melaksanakan program PTSL yang bermanfaat bagi masyarakat," paparnya.

 

Memby menyebut, masyarakat bisa datang ke Kantor BPN Pekanbaru untuk mendaftarkan tanahnya lewat program PTSL. Pengurusannya tanpa ada biaya yang dibebankan ke masyarakat.



 

"Sertifikat ini gratis, tidak ada biaya pengukuran. Masyarakat hanya harus memasang patok batas. Kini PTSL, mendata secara keseluruhan per kelurahan. Ditata secara benar, diletakkan di tempat yang tepat," jelasnya.

 

Anggota Komisi II DPR RI, Chairul Anwar menyampaikan bahwa program PTSL dalam upaya agar seluruh bidang tanah di Indonesia terpetakan.

 

 

 

 

"Perlu pemetaan tanah makin detil makin baik, tugas kami membantu supaya anggaran ATR/ BPN ini bisa membantu tercapainya target," ujarnya didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Riau, Ayat Cahyadi.

 

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah bagi masyarakat Kelurahan Pematang Kapau. Sertifikat itu merupakan rangkaian penyerahan sertifikat program PTSL tahun 2022. Saat ini tahap penyelesaian penyerahan sertifikat PTSL tahun lalu.