Pembagian Kios Pasar Cik Puan Diundi, Pedagang: Kami Mau Tempat Lama

Pembangunan-kios-sementara1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para pedagang di Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru berharap tidak ada pengundian untuk mengisi kios sementara. Banyak dari pedagang berharap bisa menempati posisi kios yang lama sebelum kebakaran terjadi.

"Pedagang mau tempatnya masing-masing. Kalau bisa kami ditempatkan di tempat lama, jangan diundi," ujar satu pedagang, Muslim, Senin 20 Maret 2023.

Pedagang sajadah dan perangkat salat ini mengaku ingin kembali ke kios lama. Harapan ini sudah disampaikannya melalui ketua asosiasi pedagang di Pasar Cik Puan.

"Makanya, kami berharap pemerintah bisa mengabulkan harapan kami, kalau bisa ya di kios lama saja," harapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyadari banyak pedagang meminta untuk dapat kios di bagian depan. Ia menyebut, pihaknya bakal mengatur penempatan para pedagang. 


"Maka kita atur posisi pedagang, agar setiap blok punya pengunjung masing-masing. Sehingga tidak ada blok yang tidak dikunjungi," ulasnya. 

Zulhelmi memaparkan bahwa dinas bakal menyiapkan skema penempatan para pedagang. Mereka pun menyiapkan pengaturan kios sesuai dengan barang yang dijual pedagang. 

Mereka bakal melakukan pengundian untuk penempatan kios bagi para pedagang. Ia tidak ingin ada yang bilang bahwa harus di posisi yang lama.

"Kita tentu ingin semua pedagang punya kesempatan yang sama dengan pengundian kios, pasar ini milik kita semua. Tentu kita lakukan yang terbaik," ujarnya.

Adanya pengaturan ini agar para pedagang terpisah sesuai blok. Mereka pun tidak tercampur antara pedagang satu dengan pedagang lainnya.

"Jadi diatur, ada lokasi untuk jual makanan, jual pakaian hingga jualan pedagang basah. Kita siapkan sesuai blok nantinya," pungkasnya.