Polres Bengkalis Padamkan Karhutla 20 Ha di Desa Kembung

Karhutla-di-bengkalis1.jpg
(Dok. Polres Bengkalis)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Polres Bengkalis dan polsek jajaran melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau, Sabtu, 18 Maret 2023. Karhutla di Desa Kembung terpantau oleh aplikasi Dashboard Lancang Kuning (DLK). 

Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro, mengatakan informasi karhutla ini diketahui pertama kali lewat titik hotspot aplikasi DLK. Selain itu juga ada laporan masyarakat kepada polisi. 

"Kepala Desa Kembung Luar, Jamaluddin menyampaikan adanya kepulan asap hitam dari arah dalam hutan di Desa Kembung," ujar AKBP Bimo, Minggu, 19 Maret 2023.

Kapolres AKBP Bimo dan jajaran langsung menuju lokasi sumber asap dan mencari titik api karhutla. 


"Setelah menemukan titik api, kita melakukan pemadaman yang dilakukan oleh gabungan Polsek Bantan, Polsek Bengkalis, Polres Bengkalis, MPB Desa Kembung Luar dan masyarakat setempat," terangnya. 

AKBP Bimo menyebut luas lahan yang terbakar mencapai 20 hektare. Namun untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. 

"Lahan yang terbakar merupakan lahan bekas tanaman industri (jenis akasia,red) milik PT RRL namun pada tahun 2020 telah dikembalikan ke negara. Tim gabungan akhirnya berhasil memadamkan api dan kembali ke posko masing-masing," pungkasnya. 

Adapun tim yang terlibat pemadaman, Kapolres Bengkalis beserta 35 personel, Kapolsek Bantan beserta 10 personel, Kapolsek Bengkalis beserta 10 personel, TNI, Damkar, BPBD, Pol PP Kecamatan Bantan, Kepala Desa Jamaluddin, dan masyarakat setempat.