MPP Pekanbaru Terbakar, Data Administrasi Kependudukan Dipastikan Aman

Kepala-Disdukcapil-Kota-Pekanbaru-Irma-Novrita.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru memastikan data administrasi masyarakat tetap aman pasca insiden kebakaran gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) akhir pekan kemarin.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita menyampaikan agar masyarakat Kota Pekanbaru tidak perlu khawatir. 

"Kami pastikan dokumen kependudukan data masyarakat aman," paparnya, Selasa, 7 Maret 2023.

Ia menyampaikan, saat ini Disdukcapil Kota Pekanbaru menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat. Data base kependudukan masyarakat dengan SIAK terpusat sudah dikelola oleh pemerintah pusat tidak di daerah lagi.


"Dengan sistem SIAK terpusat data base kependudukan dikelola oleh pemerintah pusat tidak di daerah lagi, InsyaAllah data masyarakat aman," ujarnya.

Layanan di Disdukcapil Kota Pekanbaru lumpuh untuk sementara terhitung, Senin 6 Maret 2023. Kebakaran MPP juga berdampak untuk layanan di area komplek layanan di Jalan Jenderal Sudirman. 

Kejadian ini ternyata menyebabkan jaringan layanan di Komplek MPP Pekanbaru tidak berfungsi. Kebakaran juga membuat daya listrik pada Kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru terkendala. 

Irma menyampaikan permohonan maaf karena beberapa hari ke depan belum bisa melayani masyarakat. Layanan Disdukcapil Kota Pekanbaru merupakan bagian dari Komplek MPP. 

Infrastruktur jaringan komunikasi data atau Jarkomdat yang terhubung ke kantor MPP tidak terkoneksi. Pihaknya pun belum bisa memberikan layanan kependudukan kepada masyarakat.