Innalillahi, Mantan Bupati Rohul Ramlan Zas Tutup Usia, Chaidir: Beliau Meniti Rohul

Ramlan-Zas-tutup-usia.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabar duka datang dari mantan Bupati Rokan Hulu (Rohul) periode 2001-2006 Ramlan Zas. Ramlan Zas yang lahir pada 12 Maret 1955 iti tutup usia pada Jumat, 3 Maret 2023 pukul 00.30 WIB di RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Sahabat dekat dari almarhum, Chaidir, yang juga satu kampung dengan beliau mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Ia berharap semua amal baik Ramlan Zas diterima karena telah membangun daerah lebih maju, yakni Rokan Hulu.

"Beliau adalah adik kelas saya waktu SD. Saya sekelas dengan abangnya. Jadi kami satu kampung di Pemandang, Lubuk Bendahara, Rokan Hulu," sebutnya melalui sambungan telepon.

Chaidir yang juga Ketua Umum Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) itu mengetahui kepulangan Ramlan Zas dari istri dan adiknya pada pagi ini.

"Saya tadi malam berada di Pasir Pengaraian. Pagi ini rencana mau menjenguk beliau di RS, tahu-tahunya dapat kabar sudah meninggal dan dibawa ke kampung. Pemakamannya di dekat masjid tapi saya lupa namanya," jelasnya.

Saat Ramlan Zas menjadi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Riau, ia menjadi Wakil Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Riau. Dilanjutkannya, Ramlan Zas juga pernah menjabat mantan anggota DPRD Provinsi Riau. 


Pada saat Ramlan Zas menjabat Bupati Rohul, ia yang menggantikan posisinya sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Riau. 

"Pada saat itu awal-awal terbentuknya Rokan Hulu sebagai bupati definitif. Jadi beliau yang meniti Rokan Hulu. Jadi jasanya cukup banyak khususnya di Rohul," ungkapnya.

Dikatakannya Ramlan Zas memiliki semangat yang tinggi dalam membangun daerah. 

"Dia selalu semangat dalam menjalankan segala hal," terangnya.

Menurut Chaidir, sahabatnya itu menderita penyakit gula dan komplikasi. Chaidir mengaku terakhir bertemu Ramlan pada beberapa bulan lalu di Jalan Dahlia, Pekanbaru.