Ditemukan Warga, Penampakan Mortir di Pinggir Sungai Penampuan Tenayan Raya

Penemuan-mortir.jpg
(Dok. Polsek Tenayan Raya)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mortir MK 82 INERT seri 2519634 seberat 250 ditemukan di pinggir Sungai Penampuan, Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, pada Sabtu, 25 Februari 2023, sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapolsek Tenayan Raya, Kompol Bagus Harry Priyambodo, menyebut mortir tersebut ditemukan oleh dua orang warga, Abdul Rahman dan Ajib. Keduanya lantas menghubungi Bhabinkamtibmas Tuah Negeri terkait penemuan tersebut.

Kompol Bagus menjelaskan kedua warga menemukan mortir tersebut saat bekerja di lahan kebun karet di sela waktu memancing di Sungai Penampuan.

Penemuan Mortir2

Dok. Polsek Tenayan Raya

 

"Pada saat itu melihat ada besi di pinggir sungai, saksi melihat dan mengecek ternyata berbentuk seperti mortir, saat itu saksi menghubungi Bhabinkamtibmas Tuah Negeri Bripka Jaka Saputra," ungkap Kompol Bagus, dalam keterangannya, Sabtu, 26 Februari 2023.

Penemuan mortir3


Dok. Polsek Tenayan Raya

 

Atas laporan tersebut, polisi bersama warga memeriksa posisi mortir tersebut. Mortir tersebut ditemukan dalam kondisi bagian runcing mengarah ke atas yang tertanam di dasar sungai, dengan panjang 1,5 meter dan diameter 30 cm.

Penemuan mortir4

Dok. Polsek Tenayan Raya

 

Mortir tersebut kemudian diamankan. Sementara, petugas kepolisian memasang garis polisi di lokasi penemuan dan menghubungi Gegana Brimbo Polda Riau.

"Sekira pukul 17.30 WIB jibom dipimpin oleh Danden Gegana Kompol Arvin Hariyadi, sat Brimob Polda Riau mendatangi TKP tempat penemuan mortir," sebutnya.

Tak lama kemudian TNI AU Danden Siabu Mayor Tek Nofrianka tiba di TKP dan mengevakuasi. Mortir itu lantas diserahterimakan oleh Polsek Tenayan Raya kepada TNI AU.

Lokasi penemuan mortir tersebut merupakan tempat latihan TNI AU pada 1990. Tak hanya sekali, penemuan serupa sudah empat kali ditemukan di sekitar lokasi tersebut.