Masih Ada Sisa, Sekda Riau Bisa Beli Rumah Tipe 45 Per 3 Bulan dari Uang TPP

Hariyanto7.jpg
(Muthi Haura/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau bisa tersenyum semringah. Bayangakn para ASN yang sudah memiliki gaji yang sudah pasti lebih besar dari karyawan swasta di bawah level manager kembali diguyur fulus.

Para ASN meperoleh uang tamabahan dari pemerintah berlabel Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Nilai luar biasa besar.  Mulai dari lima jutana bahkan puluhan juta rupiah.

 

Seperti yang diperoleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto. Kini tiap bulannya ia menerima TPP di luar gaji sebagai pejabat eselon I. Jumlah tambahan gaji yang diterima SF Hariyanto Rp 90 juta lebih tiap bulannya. 

 

Nominal tersebut sesuai yang diatur dalam SK ditandatangani Gubernur Riau dengan Nomor: Kpts.1945/XII/2022 Besaran Tambahan Penghasilan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau tanggal 30 Desember 2022.

 

Jumlah yang diterima SF Hariyanto tersebut mengalami kenaikan lebih dari 20 juta dari TPP sebelumnya yang ditandatangani oleh Gubernur Riau (Gubri), Wan Thamrin Hasyim pada 2018. Ketika itu, TPP untuk Sekdaprov Riau dengan kelas jabatan 17 menerima Rp 69.531.000 per bulannya.

 

TPP sebesar Rp 69 ,5 juta tersebut diatur dalam SK Gubri Nomor:Kpts/1187/XII/2018 tentang Besaran Tambahan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau Tahun 2018 tertanggal 31 Desember 2018. SK tersebut mengatur TPP untuk jabatan struktural, fungsional, dan pelaksana.


 

 

Berdasarkan penulusuran Riauonline, TPP yang diterima Ssekda SF Hariyanto per tiga bulan bisa membeli rumah ukuran 36 hingga 45 per tiga bulan di Pekanbaru.

 

Berdasarkan informasi yang disajikan website rumah123.com banyak rumah dengan rentang harga Rp 100-300 juta.

 

Diperbaharui per 23 Februari 2023, ada satu rumah seharga Rp 265 juta dijual di Panam bertipe 45 dengan luas tanah 120m. 

 

Bila sudah memiliki rumah, Sekda bisa menambah koleksi roda empat miliknya. Dengan TPP Rp 90 Juta Per Bulan, Sekda SF Hariyanto bisa membeli unit baru hingga bekas. 

 

Cukup uang TPP disimpan beberapa bulan. Toyota Innova gres atau Avanza seken bisa menambah daftar kendaraan di garasi miliknya.

 

Pengamat kebijakan publik, Elfiandri menilai adanya TPP ini mesti sejalan dengan peningkatan konerja ASN. Ia mempertanyakan adakah tolak ukur yang sesuai dengan adanya tambahan gaji pegawai ini.

 

"Semua kan harus ditengok dulu, kerja mereka itu signifikan gak, jangan kita menainkkan dulu sementara kinerjanya masih biasa, atau kinerja turun itu malah tidak adil. Itu ada konsekuensi dan apa tolak ukurnya?" jelasnya, Jumat 24 Februari 2023.