Pemko Pekanbaru Segera Inventarisir Kerugian Akibat Pasar Cik Puan Terbakar

Kebakaran-pasar-cik-puan6.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera menghitung dan menginventarisir berapa kerugian akibat insiden kebakaran di Pasar Cik Puan, Minggu 19 Februari 2023.

 

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun saat meninjau langsung lokasi kebakaran di Jalan Tuanku Tambusai. Dirinya menyampaikan duka mendalam atas musibah kebakaran.

 

"Saya dapat laporan ada kebakaran di Cik Puan, yang pertama saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah yang terjadi di Pasar Cik Puan. Selanjutnya akan segera dibicarakan bersama dengan tim dan OPD terkait lainnya," paparnya.

 

Ratusan kios hangus saat insiden Pasar Cik Puan terbakar. Pedagang hingga pengunjung Pasar Cik Puan Pekanbaru tidak menyangka dengan peristiwa kebakaran yang terjadi.


 

Awalnya mereka melihat kepulan asap pekat berasal dari orang membakar sampah. Namun saat mengetahui terjadinya kebakaran pedagang dan pengunjung pasar langsung panik.

 

"Awalnya itu memang terlihat asap, kami pikirnya orang bakar sampah. Tapi kok asapnya makin tebal, barulah banyak orang teriak kebakaran," ujar salah satu pedagang di lokasi.

 

Api sendiri diketahui berasal dari kios bagian belakang yang menjual emas dan sayur-sayur. Tim pemadam kebakaran pun berjibaku memadamkan api sejak pukul 16.00 WIB.

 

Lokasi kebakaran sendiri berjarak sekitar 100 meter dari halaman pasar di Jalan Tuanku Tambusai itu. Dulunya pasar ini juga merupakan terminal bus di Kota Pekanbaru.

 

Sementara itu pedagang berupaya melakukan penyelamatan barang dagangannya. Sedangkan ribuan masyarakat ikut menyaksikan kebakaran tersebut sehingga menimbulkan kemacetan.

 

Akibatnya pihak kepolisian kepolisian sudah melakukan penutupan jalan sekitar 500 meter dari lokasi kebakaran pada sisi jalan menuju Jalan Sudirman.