Wakil Bupati Siak Rakor Bersama Syamsuar Bahas Program TORA

Husni-Merza31.jpg
(Humas Pemkab Siak)

RIAU ONLINE, SIAK-Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Program Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) yang Dipimpin langsung Gubernur Riau Syamsuar dan dihadiri PLT kepala kantor wilayah BPN Riau Asnawati di Balai Srindit Aula Gubernuran Pekanbaru, Selasa, 14 Februari 2023.

 

Dalam memimpin Rakor tersebut Gubernur Riau, Syamsuar. Menyampaikan bahwa Provinsi Riau mendapatkan persetujuan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terkait kawasan yang berasal dari hutan untuk masyarakat sekitar 205 ribu hektare (ha) lebih.

 

Dari jumlah yang disebutkan oleh gubernur Syamsuar,kabupaten Siak mendapat 23 hektare(ha) dalam pelaksanaan program TORA tahun 2023 ini. saya berharap agar program ini dapat dimanfaatkan," ucap Gubri.

 


Dalam pertemuan Rakor ini Wabup, Husni merza. Menyampaikan untuk tahun 2023, ada 1633 ha yang di setujui oleh MenLHK dengan menetapkan program Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PPTKH), sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari program strategis nasional Reforma Agraria, cuma yang 23 ha ini kami tidak tahu di mana," kata Husni.

 

 

 

Wabup Husni berharap dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan(BPKH) bagaimana melepas kawasan pemukiman yang berada di kecamatan sungai mandau yang ada jauh sebelum izin kehutanan itu terbit karna kewenangan tidak dipemerintah daerah untuk itu perlu ada kejelasan.

 

"Mudah mudahan dengan adanya Rakor ini kami berharap adanya gambaran dari tim kami untuk bisa berdiskusi secara intens dengan BPKH bagaimana lahan ini bisa diselesaikan," ucap Wabup Husni.