36 Ribu Orang Menganggur di Kota Pekanbaru, Pencari Kerja Cuma 5 Ribu

Job-Fair.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jumlah orang tanpa pekerjaan atau pengangguran di Kota Pekanbaru masih tinggi. Hampir 40 ribu orang di Kota Pekanbaru menjadi pengangguran selama 2022 lalu.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mencatat tingkat pengangguran terbuka di kota ini mencapai 6,4 persen. Sedangkan jumlah pengangguran di kota ini pada tahun lalu sebanyak 36.513 orang.

"Ini terbilang tinggi karena hampir 40 ribu orang, maka ini jadi perhatian kita bersama," ungkap Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Rahim, Senin, 13 Februari 2023.

Menurutnya, jumlah pengangguran memang mencapai puluhan ribu orang. Namun masyarakat yang terdata sebagai pencari kerja baru sekitar  5.533 orang.

Tingginya angka pengangguran ini menjadi perhatian Disnaker Kota Pekanbaru. Mereka pun mencoba untuk mencari strategi agar ada akses lapangan kerja bagi masyarakat yang belum punya pekerjaan.


Disnaker berencana menggelar Job Fair untuk mempertemukan pelamar dengan pencari kerja. Disnaker Kota Pekanbaru sendiri pada 7 hingga 9 Maret 2023 mendatang bakal menggelar Pekanbaru Job Fair 2023. 

Rencananya Job Fair kali ini berlangsung di Mutiara Merdeka Hotel Pekanbaru. Abdul Rahim memperkirakan pelamar bakal membludak pada Job Fair tahun ini.

Jumlah pelamar setiap harinya bisa mencapai ribuan pelamar. Disnaker pun mengajak perusahaan di Kota Pekanbaru bisa berpartisipasi terutama yang memiliki lowongan kerja.

Mereka nantinya bisa ikut dalam ajang Job Fair untuk membantu akses lapangan kerja bagi pelamar. Ia menyebut untuk saat ini ada sekitar 40 perusahaan bakal ambil bagian dalam Pekanbaru Job Fair.