Panglima TNI Sarankan Jajaran Cari Dukun Cegah Karhutla, Khususnya Riau

Kebakaran-hutan-dan-lahan8.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memerintahkan segenap jajarannya agar maksimal dalam upaya pencegahan kebakarahan hutan dan lahan (karhutla). Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi. Bahkan, Yudo menyarankan jajarannya untuk mencari dukun atau pawang hujan.

"Bulan-bulan Februari, Maret, April, Mei, ini saat-saatnya (potensi karhutla). Mudah-mudahan enggak terjadi, berdoa saja supaya hujan terus. Kalau perlu cari dukun, biar hujan terus menerus tiap hari, sehingga tidak terjadi karhutla," jelas Yudo dalam Rapat Pimpinan TNI Tahun 2023 di Museum Satriamandala Jakarta Selatan, dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 10 Februari 2023.

"Khususnya, di Riau, Kalimantan mana lagi (daerah) rawan karhutla. Mulai sekarang sudah siapkan dukun mana saja yang harus dipangggil supaya bisa mendatangkan hujan. Tapi jangan dukun asal ciprat saja," sambungnya.

Yudo mengimbau para pimpinan TNI untuk melibatkan semua pihak dalam mengatasi karhutla. Dia mempersilakan jajarannya untuk memanfaatkan semua sarana dan prasarana yang ada untuk merekayasa cuaca agar karhutla dapat dihindari.


"Libatkan semuanya utk mengatasi karhutla. Jangan diselesaikan sendiri kalau memang butuh bantuan kirim pesawat tempur, apa namanya rekayasa cuaca supaya hujan disitu supaya enggak kebakar, gunakan sarana prasarana," ujarnya.

Kepada aparat TNI, Yudo pun meminta agar segera melapor ke pimpinan dan dirinya jika telah berupaya mengatasi karhutla, namun gagal dipadamkan. Dia juga memerintahkan aparat TNI memberikan wawasan kepada para pengusaha dan masyarakat untuk mencegah karhutla.

"Kalau kita sudah semaksimal mungkin menggunakan sarana prasarana yang ada, kebakarannya masih enggak padam, kita laporkan bahwa kita sudah berusaha, laporkan kepada pimpinan, laporkan kepada saya, biar saya juga sampaikan kepada presiden," kata Yudo.