Warga Pekanbaru Mengeluh Jalan Rusak Padahal Pemprov Beri Bantuan Rp 25 Miliar

Jalan-rusak13.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru masih dalam kondisi rusak lantaran belum tersentuh perbaikan. Belum lagi ruas jalan rusak masih bisa terus bertambah jumlahnya, akibatnya proses perbaikan masih belum merata.

 

Persoalan jalan rusak ini masih menjadi hal serius yang menjadi tanggung jawab PUPR Kota Pekanbaru. Ada sekitar 190 titik ruas jalan rusak belum tersentuh perbaikan secara menyeluruh.

 

Banyak masyarakat Kota Pekanbaru mengeluhkan kondisi jalan rusak. Seperti aduan warganet di Fanpage Facebook RIAU ONLINE.

 

"Jalan Riau bergelombang, Jalan Yos Sudarso Rumbai bergelombang, Jalan Darma Bakti rusak parah, Jalan Pemuda Tampan, Jalan Kulim arah Jalan Kapur itu jalan mode kolam," tulis Heru***

 

"Jalan Cempaka udah berapa tahun ini rusak. Diaspal, gali lagi, diaspal, digali lagi. Udah banyak korban jatuh di situ, usaha di sekitar situ pun banyak yang tutup," sambung Aqis***

 

"Kalau jalan raya Pekanbaru tak cepat diperbaiki, alamat bisa jadi danau kalau musim hujan deras terus. Apalagi sebentar lagi mau bulan puasa terus hari raya tiba, udah pasti jadi macet. Maaf jalan anda terganggu karena ada perbaikan jalan ini itu udah pasti ada tiap tahun. Semoga cepet diperbaiki jalan raya yang di Pekanbaru dan yang ada di pelosok dari tengah kota ini. Ayo dong pak wali kota, mohon diperbaiki ya jalan- jalan yang rusak atau yang berlubang. Karena kalau hujan deras tak keliatan yang mana jalan dan yang mana lobang. Saya contohnya korban akibat jalan berlobang pak," timpal Teguh***

 

Sementara diketahui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau menggelontorkan anggaran perbaikan jalan di Kota Pekanbaru sebesar Rp 25 miliar.

 


"Anggaran tersebut digunakan untuk perbaikan jalan provinsi di dalam kota Pekanbaru," Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR, Zulfahmi, Rabu, 1 Februari 2023.

 

Anggaran puluhan miliar itu digunakan untuk kegiatan rekonstruksi/peningkatan struktur jalan, pembebasan lahan pelebaran jalan, dan bantuan keuangan untuk perbaikan jalan di Kota Pekanbaru.

 

Zulfahmi mengatakan anggaran itu juga digunakan untuk memperbaiki jalan kota melalui bantuan keuangan. Pelaksanaannya akan dilakukan oleh Dinas PU Kota Pekanbaru dengan anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

 

Sementara untuk rekonstruksi peningkatan struktur jalan dalam Kota Pekanbaru tahun 2023, sebut Zulfahmi, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 11,910 miliar.

 

"Untuk perbaikan jalan kota yang dialokasikan melalui bantuan keuangan Pemprov Riau sebesar Rp 13,296 miliar," sebutnya.

 

Sedangkan untuk pembebasan lahan pelebaran jalan simpang empat Garuda Sakti Pekanbaru anggarannya sebesar Rp 5,3 miliar.

 

Zulfahmi merincikan peningkatan jalan provinsi dalam Kota Pekanbaru akan dilakukan di Jalan Arifin Achmad, Jalan Hangtuah, Jalan Yos Sudarso, Jalan SM Amin, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Akses Siak IV.

 

 

 

Selanjutnya, Jalan simpang Jenderal Sudirman (Harapan Raya-Simpang Kayu Ara), Jalan Soekarno-Hatta, Jalan HR Soebrantas, Jalan Badak simpang Kawasan Industri Tenyatan.

 

"Jalan simpang Pramuka batas Kabupaten Siak, jalan Riau, dan jalan Riau Ujung," urainya.