Masih Tender, Butuh Rp 43 M Rampungkan Gedung RCH dan Quran Center

Proyek-Quran-Center1.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

LAPORAN: SOFIAH 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gedung Quran Center Riau di Jalan Jendral Sudirman dan gedung Riau Creative Club di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, hingga saat ini masih dalam proses pembangunan. Artinya, masyarakat Riau khususnya Pekanbaru masih harus bersabar menunggu hingga gedung yang sudah proses tahap ketiga digarap sampai rampung.

Kedua gedung ini juga masih proses tender dan menunggu pihak yang akan memenangkannya. Menurut Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, M Arief Setiawan, melalui Kepala Bidang Cipta Karya Thomas Larfo Dimiera, mengatakan pihaknya menargetkan Februari ini sudah ada pemenang tender untuk kedua proyek tersebut.

"Ini merupakan pekerjaan tahap ketiga dari Quran Center dan Riau Creative Hub masih proses lelang. Target kita Februari ini sudah ada penunjukan pemenangnya," ujarnya pada Senin, 6 Februari 2023.

Untuk merampungkan kedua proyek tersebut, Dinas PUPR-PKPP Riau mengalokasikan dana hingga Rp 43 miliar.  Ia pun mengatakan, dana dua gedung tersebut berbeda. Untuk pembangunan tahap ketiga gedung Quran Center Riau pihaknya mengalokasi anggaran sebesar Rp 16 miliar. 

“Sementara, untuk RCH mengalokasikan anggaran lebih kurang sebesar Rp 27 miliar," sebutnya.


Dipaparkannya, anggaran sebanyak Rp 16 M untuk Quran Center Riau meliputi penyelesaian bangunan pendukung di belakang gedung utama. Termasuk untuk landscape, meliputi pagar, perapian drainase dan lainnya.

Dilanjutkannya, untuk bangunan pendukung RCH yang belum terakomodir di bangunan utama, termasuk kawasan landscape. Namun, menurutnya, landscape di RCH lebih besar dari Quran Center karena kawasannya seluas 2 hektare. 

"Harapan bersama dengan gubernur, pada Agustus mendatang khususnya RCH tentunya sudah siap agar bisa menjadi kado untuk ulang tahun Riau pada 2023. Sementara untuk gedung Quran Center, masih ada pengerjaan," harapnya.

Kedua gedung ini dikerjakan secara bertahap hingga tahap tiga atau perampungan. Gedung RCH dibangun di atas lahan eks Pujasera, Jalan Arifin Achmad Pekanbaru.

Pembangunan pun dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal dialokasikan sebesar Rp 4,4 miliar, tahap kedua senilai Rp 6,5 miliar, kemudian tahap ketiga Rp 27 miliar.

Gedung RCH nantinya digunakan sebagai wadah untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf) masyarakat Riau dikelola oleh UPT Bandar Seni Raja Ali Haji, Dinas Pariwisata Riau. 

Sementara itu, gedung Quran Center Riau tahap pertama tahun 2021 dialokasikan anggaran Rp 14,4 miliar. Lalu pada tahap kedua, tahun 2022 dialokasikan sebesar Rp 21,6 miliar, dan tahap ketiga tahun 2023 sebesar Rp 16 miliar.

Gubernur Riau, Syamsuar, menargetkan kedua bangunan tersebut dapat diresmikan pada Agustus 2023, sehingga bisa menjadi kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Provinsi Riau.