Batal Hadiri RDP dengan DPRD Riau, PHR Ungkap Alasannya

PT-Pertamina-Hulu-Rokan17.jpg
(PT PHR)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mengungkap alasan ketidakhadiran pihaknya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPRD Riau, pada Kamis, 2 Februari 2023. 

VP Corporate Secretary PT PHR, Rudi Ariffiant, mengatakan Direktur PT PHR, Jaffe A. Suardin, tidak bisa menghadiri rapat tersebut lantaran harus mengurus kegiatan penting yang berkaitan dengan pengembangan Wilayah Kerja (WK) Rokan ke depan.

"Kebetulan di hari yang sama, direktur utama kami sedang ada kegiatan yang itu tidak kalah pentingnya untuk pengembangan Rokan ke depan," ujar Rudi, dalam keterangan yang diterima RIAU ONLINE, Jumat, 3 Februari 2023. 

Komisi V DPRD Riau akhirnya menunda RDP PT PHR. Ketua DPRD Riau, Yulisman, batal melanjutkan rapat yang turut dihadiri perwakilan lima perusahaan kontraktor (vendor) itu.

Rudi mengatakan peningkatan produksi PT PHR lebih baik dibahas supaya bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat yang lebih luas di Riau. 

Terkait kecelakaan kerja yang menyebabkan fatalitas, Rudi menjelaskan sejauh ini masih dalam investigasi.


Sampai dengan saat ini, kata Rudi ada enam pihak yang melakukan investigasi, yaitu Pertamina Grup termasuk PHE dan Persero, Disnaker, Dirjen Migas, Polda Riau dan SKK Migas.

"Kami berkolaborasi dalam melakukan investigasi yang menyeluruh dan saat ini sedang berjalan. Kami masih menunggu hasil final, apapun temuan dan rekomendasi-rekomendasi dari berbagai pihak akan kita laksanakan sebaik-baiknya," jelas Rudi. 

Sementara, PHR hingga kini belum menerima hasil investigasi dari pihak manapun.  

"Ada tahapan-tahapan investigasi yang komprehensif. Semua kita lakukan “cross check”, yang melakukan investigasikan multi pihak, sehingga validitasnya dapat dipertanggungjawabkan," lanjut Rudi. 

Dalam kesempatan tersebut, PHR juga memperkenalkan Edwil Suzandi yang telah dikukuhkan sebagai Executive Vice President, Upstream Business PHR.  

"Pak Edwil Suzandi ini adalah kepala teknik yang bertanggung jawab penuh pada seluruh operasional di Wilayah Kerja (WK) Rokan sehingga beliau inilah pimpinan kami di WK Rokan," pungkasnya.