Kelompok Wanita Tani di Riau Hadiri Undangan Virtual Tanam Pohon dari Ibu Negara

KWT-Riau-tanam-pohon.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

Laporan: Sofiah

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Caping dan cangkul menghiasi halaman rumah dinas Gubernur Riau, Syamsuar, di Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru. Sayup-sayup terdengar suara MC sambungan secara virtual dari Magelang. Ini merupakan bagian dari acara menanam 1000 pohon yang diprakarsai ibu negara Iriana Jokowi.

Meski terik, acara berlangsung dengan khidmat. Terlihat para Kelompok Wanita Tani (KWT) yang diundang pun mencangkul dan menggali tanah untuk ditanami pohon durian dengan varietas jantung dan kampar.

"Meski secara virtual, rasanya seneng banget karena ini acara nasional," sebut Ketua KWT dari Berkah Sejati dari Kecamatan Bukit Raya kepada Riau Online.

Lebih jauh, pohon tersebut akan ditanam di KWT tempat komunitasnya. 


"Kami tanam di KWT saja. Memang tidak besar lahannya karena di perumahan," imbuhnya yang telah mengelola KWT bersama rekannya lebih dari 10 tahun.

Di waktu yang sama, Ketua KWT Cemara yang masih menggunakan caping berkata, untuk pohon durian yang didapat secara simbolis akan ditanam di rumah masing-masing. 

“Kami tanam di rumah masing-masing saja. Kalau yang di KWT jenis holtikultura saja," ucapnya.

KWT yang ada sejak 2012 itu pun banyak menghasilkan beragam tanaman, khususnya kemangi. Kemudian diperjualbelikan di sekitar KWT untuk menambah perekonomian. 

Tidak sampai satu jam, acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB pun berakhir dengan tertib dan diakhiri dengan foto bersama. Satu per satu meninggalkan halaman rumah dinas gubernur Riau.