Kamar Hunian Lapas Pekanbaru Digeledah Pasca Napi Kendalikan Narkoba

Kamar-hunian-lapas-pekanbaru.jpg
(Dok Kemenkumham Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham), M Jahari Sitepu, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas Kelas IIA Pekanbaru. Sidak ini digelar pasca ditemukannya napi yang menggunakan HP dan mengendalikan narkoba di balik jeruji besi.

Total, ada tujuh kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pekanbaru yang dirazia Jahari Sitepu dan jajaran. 

"Periksa seluruh sudut kamar, mulai dari kamar mandi, loker, ventilasi dan kolong tempat tidur. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan," ujar M Jahari Sitepu, Selasa, 31 Januari 2023.

Kendati begitu, Jahari Sitepu mengingatkan petugas agar tetap mengedepankan sisi humanis saat menggeledah kamar hunian napi. Ia meminta agar kepala kamar dilibatkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.


Sejumlah benda berbahaya ditemukan dalam razia tersebut. Mulai dari pisau silet,besi yang diasah, kaca, plastik runcing, hingga senjata tumpul.

Selain itu, ditemukan pula sendok garpu 8 unit, headset 8 unit, rice cooker 1 unit, pemanas air 1 unit, baterai 15 buah, gesper kepala besi 1 unit, cok sambung 2 unit, pisau 2 unit dan tripod 1 unit.

Jahari Sitepu menegaskan pemeriksaan dan penggeledahan harus dilaksanakan secara berkala sebagai langkah dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta upaya dalam pelaksanaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

"Saya tidak akan bosan-bosannya mengingatkan kepada jajaran untuk selalu bekerja sesuai aturan dan SOP, apabila ada yang melanggar aturan dan menjadi pengkhianat, saya tidak akan segan-segan untuk menindak tegas," tutupnya.