Mencekam, Harimau Berkeliaran Gegerkan Warga Siak

Harimau-terekam-berkeliaran-di-siak.jpg
(Tangkapan layar rekaman CCTV)

RIAU ONLINE, SIAK - Masyarakat Kabupaten Siak dikejutkan dengan dugaan munculnya harimau yang berkeliaran pada Sabtu, 21 Januari 2023. Kemunculan harimau diketahui setelah adanya jejak kakinya.

Camat Siak, Andi Putra, menjelaskan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau telah turun langsung ke lokasi ditemukan jejak kaki harimau tersebut dan memasang camera trap (kamera jebak).

"Dari hasil CCTV (kamera jebak) BBKSDA itu macan tutul, semalam nampak, itu sudah mau ditangkap," ucapnya.

Sebelumnya, warga Siak dihebohkan dengan foto hoaks harimau yang disebut muncul di pemukiman warga, Pasar Belantik Siak.

Belakangan terungkap foto itu hanya editan pria bernama Muamar Rasyid Arsidi alias MRA (24), warga Jalan Belantik, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak.

Muamar yang sudah diamankan Polres Siak mengaku foto itu diambil dari internet dan diedit menggunakan aplikasi dari HP miliknya.

"Niat saya kirim ke grup WhatsApp keluarga untuk nge-prank. Ternyata kakak saya menyebarkan di grup WhatsApp lain, hingga akhirnya menghebohkan masyarakat Siak," kata Muamar.


Tak berhenti sampai di situ, masyarakat kembali dibuat was-was dengan unggahan Nur Aisyah di akun Facebook-nya. Nur Aisyah menuliskan telah melihat harimau di gerbang Hutan Kota Arwinas, Jumat, 20 Januari 2023, sekitar pukul 21.30 WIB.

Sementara itu Kapolsek Siak, Kompol Syafril, mengaku sudah memerintahkan anggotanya untuk mendalami kebenaran dari unggahan Nur Aisyah tersebut. Sejumlah personel pun ditugaskan untuk berjaga-jaga di sepanjang Jalan Sapta Taruna.

"Kita sedang mendalami postingan akun Facebook atas nama Nur Aisyah. Apakah ini informasi bohong (hoaks) atau tidak? Ini masih diselidiki. Siang ini pihak BBKSDA sudah menyiapkan perangkap harimau, rencana nanti sore akan dipasang di Hutan Kota Arwinas," ucap Kapolsek Siak.

Kemudian Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan, melalui Kepala Seksi Wilayah IV, Gunawan, menyampaikan bahwa pada Jumat malam timnya langsung mengkonfirmasi hal tersebut kepada Nur Aisyah. Nur Aisyah membenarkan kejadian yang dilihatnya di sisi dalam hutan kota. Namun selain Nur, tidak ada saksi lainnya yang melihat kemunculan satwa liar itu.

“Sore ini, tim BBKSDA Riau dan BPBD Siak akan melakukan survei di sekitar lokasi yang diduga sebagai lokasi perjumpaan. Saat ini telah terpasang 3 unit kamera trap di Desa Suak Lanjut dan rencana juga mau dipasang di Hutan Kota Arwinas,” kata Gunawan, Jumat, 20 Januari 2023.

Pada Sabtu, 21 Januari 2023, polisi telah melakukan pengecekan CCTV ruko milik warga bernama Hasan di Jalan Tengku Buang Asmara, Kampung Rempak, Kecamatan Siak.

Benar saja, rekaman CCTV memperlihatkan pada Sabtu pukul 03.09 WIB harimau melintas di depan ruko milik Hasan. Diduga harimau tersebut berasal dari Hutan Arwinas yang berada di sekitar lokasi.