Hujan Guyur Pekanbaru, Motor Terendam Banjir? Begini Cara Atasinya

Banjir-sungai-batak2.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE - Hujan kembali mengguyur Kota Pekanbaru Minggu, 22 Januari 2023. Pengguna sepeda motor mesti berhati-hati ketika menerobos jalanan yang digenangi banjir. Risiko sepeda motor terendam banjir pun tak bisa dihindari.

Dilansir dari Suara.com, Minggu, 22 Januari 2023, ada sejumlah cara untuk menangatasi motor yang terkena banjir. Kuncinya, tidak memaksakan untuk starter motor.

Pantang hidupkan mesin

Jika motor sudah terkena banjir, sebaiknya jangan langsung menghidupkan motor dengan mengandalkan electrik starter atau kick starter (engkol). Dampaknya dapat menyebabkan piston pecah atau setang piston bengkok yang sebut sebagai water hammer, karena air yang masuk ke ruang bakar. Air banjir bisa masuk melalui lubang udara atau knalpot motor.

Cari tempat kering atau lebih tinggi


Pengguna sepeda motor dapat mencari tempat kering atau yang lebih tinggi untuk memeriksa kondisi motor setelah menerjang banjir di jalanan. Sembari menunggu motor kering, lepas part yang telah dilalui air. Seperti saringan udara, knalpot, dan busi. Namun, dibutuhkan beberapa alat dan keahlian untuk menanganinya sendiri.

Tindakan pertama

  • Gunakan obeng untuk membuka cover filter udara lalu keringkan area kotak filter udara serta filter udaranya. Tujuannya agar udara yang masuk bebas dari air.
  • Lepas leher knalpot menggunakan kunci T atau kunci pas agar air yang terlanjur masuk ke ruang bakar dapat keluar.
  • Balikkan knalpot agar sisa air dapat keluar.
  • Buka busi menggunakan kunci busi, lalu bersihkan busi dan rumah busi menggunakan lap kering. Sebagai komponen penting dalam proses pembakaran di mesin, kondisi busi harus kering.
  • Setelah melakukan tiga langkah tadi, bersihkan sisa-sisa air yang berada di ruang bakar dengan cara menstarter mesin agar piston bergerak dan mendorong sisa air keluar dengan kondisi busi dan knalpot yang belum terpasang.
  • Setelah selesai dan motor dirasa sudah kering dan aman, pasang semua part seperti semula lalu coba starter kembali. Segera ganti oli agar terhindar dari water hammer dan kerusakan komponen mesin karena oli yang tercampur dengan air. Indikasinya pelumas atau oli berwarna putih susu atau susu cokelat.

Cek di bengkel resmi

Selain melakukan tindakan pertama, disarankan motor agar servis secara berkala di bengkel resmi. Dengan demikian tahu kualitas serta garansi yang didapat.